Wijaya, Ika Kusuma (2021) Eksplorasi Etnomatematika Sendang Tirta Kamandanu Dan Keterkaitannya Dengan Matematika Sekolah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932303517_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932303517_bab1.pdf Download (289kB) |
|
Text
932303517_bab2.pdf Download (547kB) |
|
Text
932303517_bab3.pdf Download (272kB) |
|
Text
932303517_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932303517_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932303517_bab6.pdf Download (176kB) |
|
Text
932303517_daftarpustaka.pdf Download (257kB) |
|
Text
932303517_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Etnomatematika merupakan bukti nyata dekatnya matematika dengan kehidupan sehari-hari, etnomatematika merupakan salah satu cara memandang kebudayaan melalui sudut pandang matematika. Etnomatematika dapat mengenalkan kepada masyarakat bahwa konsep matematika tidak hanya dapat ditemukan dalam sains beserta terapannya, akan tetapi juga dapat ditemukan dalam ilmu sosial termasuk kebudayaan. Sendang Tirta Kamandanu memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi, selain itu konsep dari bangunannya yang unik membuat Sendang Tirta Kamandanu menarik untuk dikunjungi maupun diteliti. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep-konsep matematika yang terletak pada bangunan, kegiatan, dan kebudayaan yang terdapat pada Sendang Tirta Kamandanu. Melalui metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian etnografi, peneliti akan menghimpun hingga menganalisis data. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya aktivitas fundamental matematis di Sendang Tirta Kamandanu berupa kegiatan membilang, kegiatan mengukur, kegiatan menjelaskan, dan kegiatan merancang bangun. Kegiatan membilang ditemukan pada perhitungan hari yang baik untuk digunakan ritual, bilangan tahun yang ditemukan dalam sejarah sendang, dan menyatakan data pengunjung. Kegiatan mengukur dapat dilakukan pada ukuran volume kolam pemandian dan debit pipa yang digunakan untuk mengisi kolam. Kegiatan menjelaskan terdapat pada trap telu, pitu, sanga, dan sewelas serta kegiatan sembah. Kegiatan merancang bangun ditemukan dalam ornamen-ornamen yang terdapat di bangunan sendang, seperti penataan pilar-pilar pada pagar sendang, hiasan-hiasan pada Qori Kaputren, dan lain sebagainya. Konsep matematika sekolah yang ditemukan dalam bangunan dan kegiatan budaya di Sendang Tirta Kamandanu disajikan pada kelas VII (garis, sudut, segitiga, segiempat, dan pengajian data), kelas VIII (phytagoras, lingkaran, dan pengolahan data), kelas IX (geometri transformasi dan bangun ruang sisi lengkung), kelas XI (geometri transformasi) dan kelas XII (statistika).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 02:46 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 02:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3579 |
Actions (login required)
View Item |