Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah Asuransi Di Tinjau Dari Marketing Syariah: Studi Kasus Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri

Nasrudin, Nasrudin (2021) Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah Asuransi Di Tinjau Dari Marketing Syariah: Studi Kasus Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931322215_Prabab.pdf

Download (342kB)
[img] Text
931322215_bab1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
931322215_bab2.pdf

Download (336kB)
[img] Text
931322215_bab3.pdf

Download (138kB)
[img] Text
931322215_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
931322215_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
931322215_bab6.pdf

Download (63kB)
[img] Text
931322215_daftarpustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
931322215_suratpernyataan.pdf

Download (108kB)

Abstract

Nasrudin, 2022. Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah Asuransi di tinjau dari Marketing Syariah (Studi Kasus pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputra Cabang Kediri), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen pembimbing: (1) Dr. Ali Samsuri, M.E.I. dan (2) Dr. Sulistyowati, S.H.I., M.E.I. Kata Kunci: Strategi, Meningkatkan Kepercayaan, Marketing Syariah Semakin berkembangnya pengetahuan masyarakat mengenai asuransi mengakibatkan semakin gencarnya persaingan-persaingan yang terjadi diantara perusahaan asuransi di Indonesia, hal ini mengharuskan perusahaan-perusahaan asuransi memutar otak bagaimana meningkatkan kepercayaan masyarakat agar menjadi mitra asuransi melalui pemasaran dari produk-produk yang dimiliki perusahaanya. Selain itu, perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang menjual jasa berupa janji untuk membayar kerugian yaitu klaim yang diajukan oleh pemegang polis (biasa disebut tertanggung) yang bisa terjadi ataupun tidak terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimana manajemen strategi dalam meningkatkan kepercayaan nasabah asuransi di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri dan bagaimana manajemen strategi dalam meningkatkan kepercayaan nasabah asuransi pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri di tinjau dari marketing syariah Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing or verification). Data dicek keabsahannya dengan tiga cara yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketentuan pengamatan, serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi dalam meningkatkan kepercayaan nasabah di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri dengan menerapkan 3 (tiga) langkah, yakni pertama memberikan servis yang memuaskan. Kedua, memberikan informasi secara berkala dan ketiga meningkatkan hubungan simbiosis mutuslisme (saling menguntungkan) dengan nasabah. Sedangkan jika ditinjau dari marketing syariah ada beberapa strategi, yaitu memberikan berbagai program yang dilakukan setiap untuk menjalankan kinerja seorang agen yang bersifat materi maupun rohani, pelatihan-pelatihan bagi agen baru maupun lama kemudian adanya reward dari pihak pusat jikalau memenuhi target yang telah ditentukan oleh pihak PT. AJSB Cabang Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020304 Insurance (Asuransi; incl. Asuransi Syariah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Nasrudin Nasrudin
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:26
Last Modified: 21 Feb 2022 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item