Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Musthofa Dan Relevansinya Terhadap Dunia Pendidikan

Afifuddin, Fahrizal Muzakki (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Musthofa Dan Relevansinya Terhadap Dunia Pendidikan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133314_prabab.pdf

Download (677kB)
[img] Text
932133314_bab1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
932133314_bab2.pdf

Download (571kB)
[img] Text
932133314_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text
932133314_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
932133314_bab5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932133314_daftarpustaka.pdf

Download (215kB)
[img] Text
932133314_suratpernyataan.pdf

Download (423kB)

Abstract

ABSTRAK Fahrizal Muzakki Afifuddin, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, S.Ag. dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd.: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Musthofa dan Relevansinya terhadap Dunia Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Pendidikan, Akhlak, Syi’ir Islam merupakan agama yang memiliki misi pada pembentukan akhlak yang baik pada manusia. Karena akhlak mempunyai kedudukan yang sangat tinggi dalam kehidupan manusia. Maka daripada itu, pendidikan nilai harus sedini mungkin ditanamkan guna untuk menghindari segala sesuatu yang dapat menjadikan merosotnya akhlak manusia. Salah satu orang dari berbagai lapisan masyarakat di Indonesia yang begitu peduli terhadap merosotnya moral bangsa atau akhlak manusia adalah KH. Bisri Musthofa. Banyak sekali kitab-kitab yang beliau tulis, salah satunya kitab akhlak, yakni kitab Syi’ir Ngudi Susilo. Dalam hal ini, penulis ingin mengkaji tentang nilai pendidikan akhlak pemikiran KH. Bisri Musthofa melalui sebagian karyanya yakni kitab Ngudi Susilo. Dengan melihat latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah 1) Apa kadungan kitab syi’ir Ngudi Susilo karya KH. Bisri Msthofa?; 2) Apa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab sy’ir Ngudi Susilo karya KH. Bisri Musthofa?; 3) Bagaimana relevansinya terhadap dunia pedidikan?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter, analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah hermeneutik dan analisis ini (content analysis). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Kandungan kitab syi’ir Ngudi Susilo berisi tentang petuah dan nasehat yang sarat dengan nilai-nilai akhlak, terdiri dari 9 bab yang kesemuanya hampir terjadi dalam kehidupan manusia sehari-hari, mulai dari aspek diri sendiri sampai bangsa dan negaranya. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab syi’ir Ngudi Susilo adalah segala aspek pendidikan diantaranya tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, materi pendidikan yang berisi nilai pendidikan akhlak terhadap Allah, nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang tua, guru, bangsa dan Negara, serta akhlak terhadap terhadap lingkungan, alat pendidikan dan lingkungan pendidikan. 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak terdahap dunia pendidikan saat ini adalah pentingnya penanaman pendidikan akhlak sejak kecil terhadap anak, baik secara langsung atau dapat diaplikasikan dalam kurikulum di sekolah, dan juga pengaplikasian pembelajaran dengan syi’ir guna melestarikan budaya yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrizal Muzakki Afifuddin
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:59
Last Modified: 18 Feb 2022 02:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item