SUTRIYONO, SUTRIYONO (2017) Implementasi Pendidikan Vokasional di Pondok Pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
I. Cover Skripsi_V. Hal pra bab.pdf Download (1MB) |
|
Text
VI. BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
VII. BAB II.pdf Download (418kB) |
|
Text
VIII. BAB III.pdf Download (233kB) |
|
Text
IX. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
Text
X. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
Text
XI. BAB VI.pdf Download (196kB) |
|
Text
XII. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text
XIII. Profil Penulis_XV. Lembar persetujuan unggah karya ilmiah.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
Abstract
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan non formal yang kental akan ilmu agamanya yang hanya membekali santrinya dengan ilmu-ilmu agama dan dakwah. Oleh karena itu, jika pesantren ingin tetap eksis dan dapat bersaing dengan dunia pendidikan saat ini. Perubahan kurikulum maupun penyediaan wadah untuk pendidikan santri yang berorientasi kepada life skills santri dan peningkatan kapasitas santri dalam masyarakat harus menjadi perhatian utama, karena tidak hanya cukup dalam bidang keagamaan semata, tetapi harus ditunjang oleh kemampuan yang bersifat keahlian, yang akan berguna dalam kehidupan santri pada masa sekarang maupun yang akan datang. Membekali santri dengan keahlian/keterampilan kecakapan hidup akan membuat santri menjadi manusia tangguh ketika terjun ke masyarakat. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana latar belakang berdirinya pendidikan vokasional di pondok pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur; 2) Apa saja program-program pendidikan vokasional di pondok pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur; 3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan vokasional di pondok pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur; Bagaimana efektifitas pendidikan vokasional di pondok pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Latar belakang berdirinya Pendidikan vokasional di pondok pesantren Tremas Pacitan berdasarkan atas kebutuhan santri, guna membekali santri dengan pendidikan keterampilan khususnya keterampilan vokasional. 2) Program-program pendidikan vokasional di pondok pesantren Tremas Pacitan diantaranya: program pendidikan teknologi informasi, program pendidikan tata boga, program pendidikan kerajinan batu mulia, dan program pendidikan otomotif. 3) Pelaksanaan pendidikan vokasional di pondok pesantren Tremas Pacitan sudah termasuk pelaksanaan yang baik dan maksimal. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode demonstrasi dan eksperimen dengan ini maka peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga memperdalam pemahaman terhadap materi dengan lebih baik. 4) Pendidikan vokasional di pondok pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur bisa dikatakan efektif karena sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang sudah dicanangkan dengan matang. Pendidikan vokasional yang berorientasi pada penciptaan wirausaha hendaknya untuk selalu mempelajari dan menggali informasi terkait dengan dunia usaha dan industri sebagai bahan referensi, guna menemukan inovasi baru sehingga dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 04:28 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/333 |
Actions (login required)
View Item |