Mahbubah, Binti (2021) Implementasi Metode Habituasi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Putri 2 Ringinagung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932114217_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932114217_bab1.pdf Download (436kB) |
|
Text
932114217_bab2.pdf Download (336kB) |
|
Text
932114217_bab3.pdf Download (370kB) |
|
Text
932114217_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
932114217_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
Text
932114217_bab6.pdf Download (222kB) |
|
Text
932114217_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
932114217_suratpernyataan.pdf Download (185kB) |
Abstract
Menghafal Al-Quran merupakan kegiatan yang mulia karena keutamaan serta pahalanya yang begitu agung tidak hanya diberikan kepada yang melakukannya, tapi juga kepada kedua orang tuanya. Allah SWT telah menjamin kemudahan bagi orang yang menghafal Al-Quran. Namun, banyak dari penghafal Al-Quran yang sudah bertahun-tahun belum selesai, ada yang lebih fokus dalam menambah dan lalai dalam mengulangnya, dan ada yang hanya lancar beberapa juz. Pondok Pesantren Hamalatul Quran berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode habituasi sebagai solusi terbaiknya. Fokus dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode habituasi dalam meningkatkan hafalan Al-Quran di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri 2 Ringinagung Kediri, (2) Apa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi metode habituasi dalam meningkatkan hafalan Al0Quran di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri 2 Ringinagung Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan karena lokasi penelitian berada di suatu kelompok manusia tertentu tepatnya di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri 2 Ringinagung Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu perpanjangan penelitian, teknik triangulasi, dan melakukan member check. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi metode habituasi bersama Al-Quran diantaranya mendengarkan murottal saat persiapan sholat tahajud berjamaah, sholat tahajud dan dhuha berjamaah dengan maqro ½ juz, muroqobah 4 kali dalam sehari, setoran hafalan 3 kali dalam sehari, fashohah intensif setelah sholat maghrib berjamaah, (2) Faktor pendukung implementasi metode habituasi diantaranya lingkungan dan figus yang bersifat imitatif, kegiatan muroqobah empat kali dalam sehari, lingkungan tempat tinggal yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu membuat setoran yang sedikit dan terbatas, minimnya bekal ilmu tajwid sebelum masuk pondok, rasa malas dan ngantuk, perasaan down dalam proses menghafal dan semangat enurun setelah selesai ziyadah 30 juz, dan santri yang keluar atau boyong sebelum menuntaskan hafalan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Binti Mahbubah |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 02:04 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 02:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3323 |
Actions (login required)
View Item |