Analisis Nilai-Nilai Berkarakter Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Setiyarini, Anik (2021) Analisis Nilai-Nilai Berkarakter Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101617_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932101617_bab1.pdf

Download (635kB)
[img] Text
932101617_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
932101617_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
932101617_bab4.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932101617_daftarpustaka.pdf

Download (424kB)
[img] Text
932101617_suratpernyataan.pdf

Download (362kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan akhlak mulia bagi anak dengan melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang berdampak juga pada ilmu pengetahuan yang berkembang pula, salah satunya yakni sastra. Novel sebagai media penyaluran informasi bisa dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik, salah satu novel inspiratif dan banyak mengandung nilai-nilai pendidikan berkarakter adalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Berdasarkan gambaran tersebut peneliti mempunyai tujuan untuk mengetahui: 1) Apa nilai pendidikan berkarakter yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ?. 2) Bagaimana metode pendidikan berkarakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang tergolong dalam penelitian kepustakaan (library research), dengan mengambil sumber data/objek yang digunakan adalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan pengumpulan dari berbagai sumber yang diperlukan. Metode yang digunakan dalam menganalisis adalah menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian nilai-nilai pendidikan berkarakter dalam novel Laskar Pelangi sebagai berikut : 1) nilai-nilai pendidikan berkarakter yang terkandung dalam novel laskar pelangi diantaranya diantaranya nilai religius, nilai kejujuran, nilai kerja keras, nilai kedisiplinan, nilai toleransi, nilai kreatif, nilai demokratis, nilai mandiri, nilai komunikatif / bersahabat, nilai tanggung jawab, nilai peduli social, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai mengahargai prestasi, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, dan nilai semangat kebangsaan. 2) Meode keteladanan, memotivasi, dan melalui pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anik Setiyarini
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:01
Last Modified: 03 Feb 2022 02:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3312

Actions (login required)

View Item View Item