Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyyah Miftahul Mubtadi’in Krempyang Pada Era Modernisasi

MARDIYAN, SITI WAKIDATUL (2017) Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyyah Miftahul Mubtadi’in Krempyang Pada Era Modernisasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
sampul dan lampiran depan (2)_Nota Pembimbing (2).pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB III. 1docx (2).pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB V (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI (2).pdf

Download (83kB)
[img] Text
Daftar pustaka (2).pdf

Download (149kB)
[img] Text
Konsultasi Pembimbing 1 (2)_Lampiran XIV, DAFTAR RIWAYAT HIDUP (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam era modernisasi atau kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, sistem pendidikan pesantren salafiyah menjadi pertanyaan banyak pihak untuk tetap dipertahankan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab keraguan tersebut dengan menjadikan ponpes salafiyah Miftahul Mubtadi’in krempyang, tanjunganom, nganjuk sebagai obyek penelitian. Adapun penelitian ini memfokuskan tentang bagaimana sistem pendidikan dan pengajaran (kurikulum) ponpes miftahul mubtadi’in dan bagaimana tantangan dan upayanya agar pondok pesantren salafiyah miftahul mubtadi’in tersebut masih eksistensi baik dalam maupun diluar kabupaten nganjuk dalam menghadapi era modernisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Kehadiran peneliti dilapangan sebagai pengamat partisipan dan diketahui statusnya oleh objek subjek atau informan. Data penelitian diperoleh dari para informan yang terdiri dari pimpinan pesantren (kiai), pengurus pesantren, para guru (uztadz) dan para santri. Selain itu data penelitian juga diperoleh dari dokumen-dokumen yang ada di pesantren. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observaasi partisipan, dan dokumentasi. Dari kesimpulan ini diperoleh kesimpulan bahwa, sistem pendidikan di PPMM dilaksanakan dengan menggunakan sistem pendidikan salafiyah dengan metode pengajaran utamanya sorogan, wetonan dan bandongan. Sesuai perkembangan era modernisasi ini di PPMM telah mengikuti dan menerima perkembangan yaitu dengan menambah ilmu umum dan mengadakan pengelolaan meliputi pendekatan pembinaan bakat maupun keterampilan dan teknologi (IPTEK). Meski semua pengajarnya adalah lulusan pondok pesantren, pondok ini berusaha untuk mengeksistensikan pondok pesantren salafiyah dengan gerakan modernisasi yang tidak akan meninggalkan salafiyahnya yang asli atau khas pondok itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:49
Last Modified: 16 Apr 2019 02:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item