Strategi Guru Dalam Meningkatkan Materi Hafalan Al-Qur'an Hadis Di MA. Hasan Muchyi Pagu Kediri

Nur'aini, Shella (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Materi Hafalan Al-Qur'an Hadis Di MA. Hasan Muchyi Pagu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118016_prabab.pdf

Download (661kB)
[img] Text
932118016_bab1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932118016_bab2.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932118016_bab3.pdf

Download (275kB)
[img] Text
932118016_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
932118016_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
932118016_bab6.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932118016_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932118016_suratpernyataan.pdf

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini ingin memotret strategi guru dalam meningkatkan materi hafalan al-Qur’an hadis di Madrasah Aliyah Hasan Muchyi yang dilatar belakangi oleh rendahnya semangat siswa dalam menambah atau meningkatkan materi hafalan. Sehingga perlu adanya strategi khusus dari guru, dalam menerapkan strateginya seorang guru pasti mengalami hambatan yang di dalamnya dapat mengganggu proses belajar. Fokus penelitian dalam dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk strategi guru dalam meningkatkan materi hafalan al-Qur’an Hadis di MA Hasan Muchyi Pagu Kediri?, (2) Apa saja faktor penghambat dalam meningkatkan materi hafalan al-Qur’an Hadis di MA Hasan Muchyi Pagu Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh informasi secara mendalam. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan mengguakan teknik purposif sampling yaitu penentuan informan terlebih dahulu untuk menentukan data primer. Maka sumber data atau informannya adalah kepala sekolah, guru al-Qur’an hadis dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data lapangan, penelitian ini menghasilkan temuan yang dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi guru dalam meningkatkan materi hafalan al-Qur’an hadis di MA Hasan Muchyi antara lain sebagai berikut: memberikan motivasi, memberikan reward, memberikan punishment serta menggunakan metode wahdah dan kitabah. (2) Faktor penghambat dalam meningkatkan materi hafalan al-Qur’an Hadis di MA Hasan Muchyi Pagu Kediri antara lain sebagai berikut: durasi waktu yang diberikan kurang, siswa sering lupa ketika di tengah-tengah setoran hafalan, latar belakang pribadi dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shella Nur Aini
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:51
Last Modified: 27 Jan 2022 01:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item