Agustian, Muhammad Diky (2020) Pembinaan Etika Siswa Melalui Kedisiplinan Sholat Berjamaah Di SMK Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109216_prabab.pdf Download (744kB) |
|
Text
932109216_bab1.pdf Download (275kB) |
|
Text
932109216_bab2.pdf Download (374kB) |
|
Text
932109216_bab3.pdf Download (269kB) |
|
Text
932109216_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text
932109216_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
Text
932109216_bab6.pdf Download (194kB) |
|
Text
932109216_daftarpustaka.pdf Download (185kB) |
|
Text
932109216_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
Abstract
Salah satu langkah yang diambil oleh SMK Al-Huda Kota Kediri dalam membina etika siswa yakni dengan mendisplinkan para siswa dengan cara sholat berjamaah sebagai progam untuk mencapai visi dan misi SMK Al-Huda Kota Kediri. Di dalam skripsi ini membahas tentang Pembinaan Etika Siwa melalui Kedisiplinan Sholat Berjamaah di SMK Al-Huda Kota Kediri . Fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini tentang proses pembinaan etika siswa melalui kedisiplinan sholat berjamaah di SMK Al-Huda Kota Kediri, serta faktor pendukung dan penghambat pembinaan etika siswa melalui kedisiplinan sholat berjamaah di SMK Al-Huda Kota Kediri. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif natural setting atau kondisi yang alamiah, dengan lokasi penelitian di SMK Al-Huda Kecamatan Kota, Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bapak Kepala Sekolah, guru PAI (Pendidikan Agama Islam), guru BK (Bimbingan dan Konseling) serta beberapa siswa yakni OSIS SMK Al-Huda Kota Kediri. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pelaksanaan kedisiplinan sholat berjamaah di awali dengan guru memberikan pemberitahuan melalui mikrofon bahwa waktu sholat telah tiba. Di samping itu, ada beberapa guru yang mengecek ke kelas-kelas untuk memastikan semua siswa ikut sholat berjamaah kecuali siswa perempuan yang berhalangan, serta dipersiapkan absensi sholat, sehingga kegiatan sholat berjamaah dapat berjalan dengan disiplin. Metode yang digunakan dalam pembinaan etika siswa melalui sholat berjamaah yakni dengan metode pendampingan, metode pembiasaan, metode uswatun khasanah, metode Tarhīb, metode Targīb dan metode pengawasan. (2) Faktor pendukung dalam pembinaan etika siswa melalui sholat berjamaah tersebut yakni semua elemen warga sekolah dapat bekerja sama dengan baik, fasilitas yang tersedia dengan baik serta budaya yang baik terhadap kedisplinan sholat berjamaah. Sedangkan faktor penghambat pembinaan etika melalui kedisiplinan sholat berjamaah ialah kesadaran siswa yang masih kurang seperti bersembunyi tempat-tempat khusus, serta pihak orang tua yang belum membiasakan para siswa untuk berjamaah di rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 02:38 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 02:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3246 |
Actions (login required)
View Item |