strategi guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlakul karimah di smpn 2 semen kediri

muhammad abdul nizar, nizar (2018) strategi guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlakul karimah di smpn 2 semen kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932106914_prabab.pdf

Download (599kB)
[img] Text
932106914_bab1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932106914_bab2.pdf

Download (703kB)
[img] Text
932106914_bab3.pdf

Download (305kB)
[img] Text
932106914_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
932106914_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
932106914_bab6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
932106914_daftarpustaka.pdf

Download (209kB)
[img] Text
932106914_SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD ABDUL NIZAR,dosen pembimbing Dr.Hj. MUNIFAH,M.Pd dan Dr.MUHAMMAD YASIN,S.Ag, M.Pd: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di SMPN 2 Semen Kediri tahun Pelajaran 2018, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN kediri,2018 Kata Kunci:Guru Pendidikan Agama Islam. Akhlakul Karimah Siswa Guru Pendidikan Agama Islam memegang peranan penting dalam proses pembinaan akhlakul karimah peserta didiknya. Untuk keberhasilan proses pembinaan tersebut, GPAI harus mampu menggunakan berbagai strategi dalam membentuk akhlakul karimah. Siswa yang memiliki akhlakul karimah selalu menunjukkan perilaku yang baik dalam hubungan pada Allah, hubungan kepada sesama, hubungan kepada lingkungan dan hubungan dengan diri sendiri. Terjadinya degradasi moral dan banyaknya penyimpangan yang dilakukan para siswa dibutuhkan strategi, dan ketetapan strategi GPAI dalam melakukan pembinaan akhlak siswa. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian Di SMPN 2 Semen Kediri dengan judul strategi guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan tentang Program Yang Di Kembangkan Di SMPN 2 Semen Kediri (2) Untuk mendiskripsikan tentang pendekatan dan langkah-langkah yang dikembangkan guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di SMPN 2 Semen Kediri (3) Untuk mendiskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di SMPN 2 Semen Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan, (1) Program pengembangan akhlakul karimah meliputi:Hubungan kepada Allah dengan membiasakan taat ibadah baik yang sunnah maupun yang wajib. Hubungan pada sesama dengan terbiasa berperilaku sopan, santun, menghormati dan menghargai orang lain. Hubungan dengan lingkungan dengan cinta lingkungan. Hubungan dengan diri sendiri menjaga, merawat tubuh dan mematuhi tata tertib. (2) Pendekatan dan langkahlangkah yang dikembangkan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa meliputi: pendekatan personal, teladan, pembiasaan, pemberian hukuman. (3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa, faktor pendukung yaitu: adanya kesadaran diri dalam siswa, teladan dalam diri guru, metode pembelajaran, Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya jam mata pelajaran PAI, lingkungan siswa, latar belakang studi yang kurang mendukung, terbatasnya pengawasan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Abdul Nizar
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:04
Last Modified: 13 Jan 2022 04:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item View Item