Implementasi Madrasah Diniyah Untuk Memperkuat Kurikulum PAI di SMP PGRI 01 Kasembon Kabupaten Malang

Slamet, Angga Puji (2017) Implementasi Madrasah Diniyah Untuk Memperkuat Kurikulum PAI di SMP PGRI 01 Kasembon Kabupaten Malang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. Halaman Sampul_13. Nota Konsultasi 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15. Lampiran 1_19. Lampiran 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini Indonesia sedang dihadapkan pada berbagai tantangan yang berat. Seakan telah kehilangan jati diri sebagai bangsa luhur yang telah lama melekat dalam dirinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah tersebut adalah dengan memberikan pengetahuan tentang agama Islam kepada para generasi muda Indonesia, khususnya para siswa yang belajar disekolah. Pendidikan agama di sekolah, terutama sekolah umum, terjadi kekurangan jam pelajaran agama Islam. Hal inilah yang dianggap menjadi penyebab kurangnya pemahaman agama di kalangan siswa. . Kebijakan yang dapat diambil dalam hal penambahan jam mata pelajaran Agama Islam di sekolah yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler sendiri bertujuan untuk memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat serta melengkapi upaya pembinaan manusia Indonesia seutuhnya. Fokus penelitian dalam Tesis ini adalah: (1) Apa tujuan diadakanya pembelajaran di Madrasah Diniyah SMP PGRI 1 Kasembon. (2) Apa saja materi yang di ajarkan di Madrasah Diniyah SMP PGRI 1 Kasembon. (3) Apa strategi yang di gunakan oleh para pendidik di Madrasah Diniyah SMP PGRI 1 Kasembon. (4) Bagaimana evaluasi yang di terapkan di Madrasah Diniyah SMP PGRI 1 Kasembon. Dalam usaha memperoleh data ataupun informasi yang dilakukan, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (Qualitative Research). Setelah melakukan penelitian, diketahui bahwa: (1) Tujuan pembelajaran Madrasah Diniyah di SMP PGRI 1 Kasembon ada tiga yaitu untuk memberikan pengetahuan agama yang lebih luas kepada peserta didik untuk menanamkan akhlak yang baik kepada mereka dan tujuan yang kedua untuk mengembangkan kurikulum PAI di sekolah. (2) Ada 4 materi yang diajarkan di Madrasah Diniyah SMP PGRI 1 Kasembon yaitu Baca Tulis Qur’an (BTQ), Fiqih, Taukhid dan Akhlak. (3). Para pendidik di Madrasah Diniyah SMP PGRI 1 Kasembon menggunakan strategi Ekspositori dengan metode ceramah dan demonstrasi, strategi Inquiri dengan metode eksperimen dan diskusi, dan strategi Inquiri sosial dengan metode penugasan atau resitasi. (4) Ada dua evaluasi yang dilakukan di madrasah diniyah yaitu evaluasi formatif dan Sumatif. Pengembangan kurikulum PAI di SMP PGRI 01 Kasembon Kab Malang meliputi perencanaan yaitu (Perangkat pembelajaran), pelaksanaan pembelajaran di kelas dan evaluasi hasil belajar yang dilakukan pada program Madrasah Diniyah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Apr 2019 01:48
Last Modified: 11 Apr 2019 01:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item