Model Evaluasi Kurikulum 2013 Berbasis Cipp Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 7 Kediri

Ertrisia, Elsa Vira Putri (2020) Model Evaluasi Kurikulum 2013 Berbasis Cipp Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932140016 prabab.pdf

Download (996kB)
[img] Text
932140016 bab1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932140016 bab2.pdf

Download (256kB)
[img] Text
932140016 bab3.pdf

Download (430kB)
[img] Text
932140016 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
932140016 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
932140016 bab6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
932140016 daftar pustaka.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932140016 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi merupakan hal penting dalam rangka pelaksanaan perbaikan mutu atau kualitas dari sebuah program, termasuk pada lembaga pendidikan seperti evaluasi kurikulum. Berangkat dari banyaknya permasalahan terhadap penyesuaian kurikulum baru, baik pada segi pembelajaran maupun penilaian yang berasal dari pendidik PAI jenjang SMP dan SMA se-Kota Kediri dalam pengimplementasian K13 dapat dijadikan sebagai bahan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan kurikulum di masa yang akan datang. Oleh karenanya, penelitian kali ini akan membahas tentang model evaluasi kurikulum CIPP (Context, Input, Process, Product) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kediri. Fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian kali ini adalah (1) Bagaimana evaluasi konteks (context evaluation) Kurikulum 2013 pada mapel PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kediri? (2) Bagaimana evaluasi masukan (input evaluation) Kurikulum 2013 pada mapel PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kediri? (3) Bagaimana evaluasi proses (process evaluation) Kurikulum 2013 pada mapel PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kediri? (4) Bagaimana evaluasi produk (product evaluation) Kurikulum 2013 pada mapel PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kediri? Jenis penelitian kali ini adalah penelitian evaluasi melalui pendekatan kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 7 Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, serta Post-Test (sebagai data tambahan) via daring. Informan yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah dua Pendidik PAI dan Budi Pekerti serta beberapa peserta didik kelas X dan XI. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian model evaluasi kurikulum 2013 berbasis CIPP pada mapel PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kediri menunjukkan bahwa (1) evaluasi konteks tentang kesesuaian kurikulum pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti berada pada kategori baik, (2) evaluasi masukan, evaluasi mengenai analisis komponen kurikulum, identifikasi kelengkapan sarana prasarana sekolah, serta perencanaan pembelajaran mapel PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kediri memiliki kriteria baik, (3) pada tahap evaluasi proses, komponen evaluasi pengelolaan kurikulum serta kompetensi pendidik telah sesuai dan dilaksanakan dengan baik, (4) pada tahap evaluasi produk mengenai penilaian dan hasil penilaian peserta didik, budaya akademik yang dibentuk, hingga kompetensi lulusan yang dicapai masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:01
Last Modified: 13 Jan 2022 04:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3092

Actions (login required)

View Item View Item