Suari, Khikmatul Dwi Ratna (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di MI Al Ikhlash Desa Blabak Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138916 prabab.pdf Download (508kB) |
|
Text
932138916 bab1.pdf Download (303kB) |
|
Text
932138916 bab2.pdf Download (362kB) |
|
Text
932138916 bab3.pdf Download (491kB) |
|
Text
932138916 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
932138916 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text
932138916 bab6.pdf Download (179kB) |
|
Text
932138916 daftar pustaka.pdf Download (160kB) |
|
Text
932138916 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor pembentukan karakter seseorang. Pendidikan karakter berpijak dari karakter dasar manusia yang bersumber dari nilai moral universal (bersifat absolut) yang bersumber dari agama yang juga disebut sebagai golden the rule. Penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah harus berpijak kepada nilai nilai karakter dasar, yang selanjutnya dikembangkan menjadi nilai-nilai yang sesuai dengan sekolah masing-masing. Penelitian ini akan membahas tentang (1) Bagaimana peran guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik di MI Al Ikhlas Kab. Kediri ?; (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pendidikan karakter religius siswa di MI Al Ikhlas Kab. Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan apa yang dilihat, didengar, dirasakan dan ditanyakan. Metode pengumpulan data yakni menggunakan Interview (wawancara), Observasi, dan Dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa di MI Al Ikhlash yaitu: guru memberi materi yang tepat, memberi motivasi, sebagai fasilitator, pembentukan karakter memalui Budaya sekolah, pembentukan karakter melalui ekstrakulikuler sekolah. 2. Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI yakni Faktor Pendukung : Faktor Orang tua, factor lingkungan dan teman sebaya, factor lingkungan sekolah, factor fasilitas sekolah atau sarana prasarana. Sedangkan Faktor penghambatnya : Terbatasnya waktu mengajar sehingga tidak cukup untuk mendidik karakter religius siswa, Kurangnyakesadaran siswa untuk mengikuti program dari sekolah, sikap dan perilaku siswa yang beragam, Semakin canggihnya teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 03:58 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 03:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3083 |
Actions (login required)
View Item |