Pola Asuh Pembinaan Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri

Farida, Maulidatul (2020) Pola Asuh Pembinaan Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136516 prabab.pdf

Download (541kB)
[img] Text
932136516 bab1.pdf

Download (594kB)
[img] Text
932136516 bab2.pdf

Download (687kB)
[img] Text
932136516 bab3.pdf

Download (318kB)
[img] Text
932136516 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
932136516 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
932136516 bab6.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932136516 daftar pustaka.pdf

Download (397kB)
[img] Text
932136516 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pola Asuh dalam membentuk akhlakul karimah pada anak merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menanamkan karakter yang baik terhadap diri anak dengan menerapkan pola asuh yang baik atau sesuai. Seperti halnya yang ada di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. Fokus penelitian ini membahas tentang pola asuh pembentukan akhlakul karimah, cara mengatasi problematika dalam pembentukan akhlakul karimah, dan hasil penerapan pola asuh dalam pembentukan akhlakul karimah. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian etnografi dan dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi data yang diperlukan dan tindakan kegiatan pola asuh pembina dan aktivitas siswa dalam pembinaan akhlakul karimah, memaparkan data dengan deskripsi dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi, kemudian menyimpulkan data dengan analisa deskripsi. Adapun penelitian deskriptif ini menghasilkan temuan bahwa 1) Bentuk pola asuh dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri dengan menggunakan pola asuh otoriter dan demokratis. Dalam pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah terdiri dari tiga lingkup yaitu akhlak terhadap Allah SWT, sesama, dan lingkungan yang dilakukan dengan cara pembiasaan sehari-hari terhadap siswa. 2) Metode dalam mengatasi problematika pembentukan akhlakul karimah siswa di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri dengan menggunakan beberapa metode yaitu mauidzah dan nasihat, membiasakan akhlak terpuji, pahala dan sanksi, keteladanan. 3) Hasil penerapan bentuk pola asuh pembina dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri, dapat dilihat dari lingkungan luar Ma’had termasuk di lingkungan Madrasah secara umum akhlakul karimah siswa Ma’had dilingkungan Madrasah dalam sehari-hari sudah baik dalam berakhlakul karimah terhadap Allah SWT, dengan sesama baik teman dan guru, dan lingkungan, yang dapat dilihat dari ketika siswa melaksanakan kegiatan keagamaan yang ada di Madrasah, ketika berhadapan dengan guru dan teman, dan ketika menjaga lingkungan sekitar seperti lingkungan dalam kelas maupun luar kelas. Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri terbukti merupakan lembaga yang baik terutama pada pembinaan akhlakul karimah siswa yang menerapakan beberapa pola asuh dan metode dalam pembentukan akhlakul karimah siswa sehingga dapat memberikan hasil dan perubahan yang baik pada karakter siswa yang tidak hanya terlihat dilingkungan Ma’had saja akan tetapi juga tercermin dalam lingkungan luar Ma’had.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:40
Last Modified: 11 Jan 2022 00:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item