FIRDAUS, AHMAD JIHAN (2017) Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Ploso Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2017. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
cover.pdf Download (425kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (427kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (295kB) |
|
Text
NOTA KONSULTAN.pdf Download (287kB) |
Abstract
Pakem merupakan suatu usaha guru untuk bisa menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya dan mengeluarkan gagasan. Sedangkan kreatif, seorang guru harus mampu menciptakan suasana beragam sehingga memenuhi tingkat kemampuan siswa dan menyenangkan suasana belajar siswa diharapkan memusatkan perhatiannya secara penuh terhadap pelajaran. Efektif jika dapat menghasilkan apa yang harus dikuasai oleh siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan yang harus dicapai. Menciptakan suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat memusatkan perhatiannya secara penuh pada pelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memfokuskan pada implementasi pelaksanaan metode PAKEM di SDN Ploso Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan di SDN Ploso yang terletak di Jalan Raya Mojo Kabupaten Kediri. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 sebanyak 39 siswa, kesemuanya dijadikan sampel penelitian mengingat jumlah populasi yang sedikit. Pada penelitian ini instrumen yang peneliti gunakan adalah human instrumen, berfungsi menetapkan fokus penelitian, sampai dengan analisis data. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Miles, Huberman, Saldana analisis data penelitian kualitatif dengan melakukan yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data displays dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion awing/veriffication). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Implementasi pembelajaran Aktif,Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Ploso Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017 adalah: a) Mendiskripsikan implementasi pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri. b) Mendeskripsikan Faktor Pendorong implementasi pembelajaran Aktif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri. c) Mendeskripsikan faktor penghambat implementasi pembelajaran Aktif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri. d) Mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam implementasi pembelajaran Aktif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri. e) Menganalisis prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 01:25 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 01:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/306 |
Actions (login required)
View Item |