Habibah, Intan Nur (2020) Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) Untuk Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Kelas X Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932130616 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932130616 bab1.pdf Download (154kB) |
|
Text
932130616 bab2.pdf Download (297kB) |
|
Text
932130616 bab3.pdf Download (310kB) |
|
Text
932130616 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
|
Text
932130616 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text
932130616 bab6.pdf Download (132kB) |
|
Text
932130616 daftar pustaka.pdf Download (131kB) |
|
Text
932130616 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan pada realitas dalam kehidupan sehari-hari, adanya perbedaan individu dalam hal irama kecepatan belajar perlu adanya bentuk program penyelenggaraan pendidikan yang dapat menghadapi perbedaan dari setiap peserta didik. Munculnya model pembelajaran yang bercirikan sistem kredit semester (SKS), peserta didik diberikan kebebasan untuk memilih beban belajar dan mata pelajaran yang diminati sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan. Oleh karena itu, untuk mencapai pendidikan yang efektif dan adil bagi peserta didik dapat dihadapi dengan penyelenggaraan program pendidikan dengan sistem kredit semester. Sebagaimana telah diatur dalam dalam Permendikbud Nomor 158 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Sistem Kredit Semester pada pendidikan dasar dan menengah. Fokus masalah yang diambil oleh peneliti adalah 1) Bagaimana perencanaan sistem kredit semester terhadap peningkatan ketuntasan hasil belajar, 2) Bagaimana pelaksananan sistem kredit semester terhadap peningkatan ketuntasan belajar, 3) Bagaimana evaluasi sistem kredit semester terhadap peningkatan ketuntasan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus dan pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuat gambaran secara sistematis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan sistem kredit semester pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran guru membuat satu perangkat pembelajaran yang digunakan untuk seluruh pola pembelajar (2) Pelaksanaan sistem kredit semester pada pembelajaran berdasarkan pada prinsip setiap belajar dan pembelajaran harus dirancang dan dikembangkan untuk menumbuhkan sikap, pengetahuan dan keterampilan serta karakter melalui pengalaman belajar dengan kegiatan tatap muka, penugasan dan kegiatan mandiri (3) Evaluasi sistem kredit semester pada pembelajaran mata pelajaran PAI menggunakan pendekatan penilaian acuan kriteria yang berdasarkan pada kriteria ketuntasan minimal. Dengan diterapkannya Sistem Kredit Semester ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 00:26 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 00:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3055 |
Actions (login required)
View Item |