Penerapan Metode Bandongan Pada Pembelajaran Kitab Kuning Di MA Al-Manar Tanjungtani Prambon Nganjuk

Sa'adah, Binti (2020) Penerapan Metode Bandongan Pada Pembelajaran Kitab Kuning Di MA Al-Manar Tanjungtani Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129413 prabab.pdf

Download (858kB)
[img] Text
932129413 bab1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932129413 bab2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932129413 bab3.pdf

Download (406kB)
[img] Text
932129413 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
932129413 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
932129413 bab6.pdf

Download (54kB)
[img] Text
932129413 daftar pustaka.pdf

Download (128kB)
[img] Text
932129413 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu pendidikan formal yang menerapkan metode bandongan dalam pembelajaran kitab kuning adalah MA Al Manar TanjungTani Prambon Nganjuk. Karena metode bandongan merupakan metode yang paling mudah untuk diterapkan dalam proses pembelajaran kitab kuning, metode bandongan termasuk metode tradisional yang paling sering digunakan dalam pembelajaran kitab kuning dalam pendidikan pesantren. Beberapa permasalahan yang ingin di teliti diantaranya: (1) Bagaimanakah penerapan metode Bandongan dalam pembelajran kitab kuning di MA AL Manar TanjungTani Prambon Nganjuk? (2) bagaimanakah Implikasi bagi santri dalam penguasaan kitab kuning dari penarapan metode Bandongan dala pembelaaran kitab kuning? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa: pada pelaksanaan penerapan metode bandongan yatu :1) pelajaran diawali dengan menciptakan komunikasi yang baik serta memperhatikan kesiapan siswa dan selanjutnya guru memulai membacakan kitab serta mengartikan kata perkata dari isi kitab kuning sambil menjelaskan maksud dari isi kitab kuning , sedangkan siswa mendengarkan serta menyimak bacaan guru sambil mendabit dan mencatat hal-ha yang penting dari isi kitab kuning tersebut, kemudian sebelum proses pembelajaran diakhiri memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya halhal yang belum di pahami dan selanjutnya memberikan kesimpulan dan ditutup dengan bacaan Alhamdulllah. 2) implikasinya bagi siswa yaitu menjadikan sebagian besar siswa memiliki penguasaan yang baik dalam pembelajaran kitab kuning , baik dari segi embaca kitab kuning yang sesuai dengan kaidah bahasa arab, dari cara mereka mampu memahami isikitab kuning, dan menyimpulkan isi kitab kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Jan 2022 00:23
Last Modified: 07 Jan 2022 00:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item