Yani, Sri (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Novel Dahlan Karya Haidar Musyafa Dalam Konteks Perubahan Sosial. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932128816 prabab.pdf Download (804kB) |
|
Text
932128816 bab1.pdf Download (420kB) |
|
Text
932128816 bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text
932128816 bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
932128816 bab4.pdf Download (358kB) |
|
Text
932128816 daftar pustaka.pdf Download (281kB) |
|
Text
932128816 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
Abstract
Pendidikan akhlak sering dibicarakan dalam dunia pendidikan sebenarnya sudah ada pada zaman Nabi Muhammad S.A.W, karena Nabi Muhammad diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Semakin majunya teknologi dan komunikasi, membuat merosotnya akhlak peserta didik. Untuk memberikan teladan, salah satunya lewat novel Dahlan karya Haidar Musyafa. Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data yang utama adalah novel Dahlan karya Haidar Musyafa dan jurnal yang berhubungan dengan perubahan sosial yang terjadi saat ini. Pengumpulan data lewat teori, baik berasal dari literatur ataupun karangan ilmiah yang berhubungan dengan penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Dahlan karya Haidar Musyafa dapat dibagi menjadi 4, diantaranya akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada Orang tua, akhlak kepada guru dan akhlak kepada diri sendiri. Ketika di relevansikan dengan kehidupan saat ini, banyak sekali perubahan sosial yang dapat dirasakan. Misalnya semakin banyaknya orang yang kurang bersyukur, anak yang sering membentak orang tua, peserta didik yang mulai berkurang rasa sopan santunnya kepada guru dan peserta didik yang lebih mementingkan main game online dari pada belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2005 Literary Studies > 200526 Stylistics and Textual Analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 00:22 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 00:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3051 |
Actions (login required)
View Item |