Maghfiroh, Dina (2020) Penanaman Religiusitas Pada Anak Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Babat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127616 prabab.pdf Download (679kB) |
|
Text
932127616 bab1.pdf Download (255kB) |
|
Text
932127616 bab2.pdf Download (192kB) |
|
Text
932127616 bab3.pdf Download (249kB) |
|
Text
932127616 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
932127616 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text
932127616 bab6.pdf Download (99kB) |
|
Text
932127616 daftar pustaka.pdf Download (150kB) |
|
Text
932127616 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini meliputi bagaimana penanaman religiusitas pada anak di panti asuhan putri Aisyiyah Babat. Sehingga ide utama dalam penelitian ini dapat diklarifikasikan menjadi: pertama, menjelaskan bagaiamana religiusitas anak di panti asuhan putri aisyiyah, kedua mengemukakan cara panti asuhan atau pengasuh panti dalam menanamkan religiusitas anak asuh di panti asuhan. Ketiga, mengetahui apa saja dukungan dan hambatan yang diperoleh saat menanamkan religiusitas anak asuh di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data, diambil dari pengelola atau pendiri panti asuhan, pengasuh, dan anak asuh, serta dokuen-dokumen yang dibutuhkan. Sedangkan analisis data menggunakan display data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: 1) religiusitas anak di panti asuhan Aisyiyah dapat dilihat dari aspek dimensi-dimensi religiusitas yakni dimensi keyakinan, ritual/ praktik ibadah, pengalaman, pengetahuan, pengalaman dan nilai-nilai religiusitas yakni nilai ibadah, jihad, akhlak/ kedisiplinan, keteladanan yang telah dilakukan atau ada dalam diri anak. 2) cara yang digunakan panti asuhan atau pengasuh dalam penanaman religiusitas pada anak asuh yakni dengan metode keteladanan, pembiasaan, proses belajar mengajar, nasihat, arahan/ pengawasan, dan hukuman. 3) dukungan yang diperoleh dalam proses penanaman religiusitas pada anak di panti asuhan Aisyiyah yakni anak asuh yang taat peraturan, harapan yang sama antara pengasuh dan anak asuh, pembiasaan, fasilitas dan lingkungan yang memadai, serta adanya kasih sayang yang tulus dalam pengasuhan. Adapun faktor penghambat yang ditemukan yakni: beberapa anak asuh yang melanggar peraturan, karakteristik anak asuh yang berbeda-beda, pergaulan yang tidak baik, anak asuh yang kurang memiliki kesadaran tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 02:01 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 02:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3037 |
Actions (login required)
View Item |