Implementasi Literasi Al-Qur’an Pada Siswa Di SMPN 4 Kota Kediri

Izazi, Sabila Zhafarina (2020) Implementasi Literasi Al-Qur’an Pada Siswa Di SMPN 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116116 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932116116 bab1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932116116 bab2.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932116116 bab3.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932116116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
932116116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
932116116 bab6.pdf

Download (136kB)
[img] Text
932116116 daftar pustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932116116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Al-Qur‟an kalamullah menjadi sumber hukum yang wajib menjadi pedoman hidup umat muslim untuk mengantarkan kesempurnaan kehidupan manusia lahir dan batin. Melihat posisinya sangat strategis maka mempelajarinya perlu diatur dengan baik. Kehadiran literasi Al-Qur‟an merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengajarkan siswa di SMPN 4 Kota Kediri. Dari latar belakang itulah peneliti tertarik untuk menelitinya. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana proses implementasi literasi Al-Qur‟an pada siswa di SMPN 4 Kediri? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi Al-Qu‟an pada siswa di SMPN 4 Kota Kediri? 3). Bagaimana hasil dari implementasi literasi Al-Qur‟an pada siswa di SMPN 4 Kediri? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi data-data penelitian dari mulai foto kegiatan dan juga data yang diperoleh dari waka kurikulum, dewan guru, dan juga para siswa. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Proses implementasi literasi Al- Qur‟an pada siswa di SMPN 4 Kota Kediri yaitu yang pertama adalah perencanaan pelaksanaan literasi, pelaksanaan literasi Al-Qur‟an, dan evaluasi literasi Al-Qur‟an. 2). Faktor pendukung implementasi literasi Al-Qur‟an di SMPN 4 Kota Kediri adalah adanya dukungan dari kepala sekolah dan juga beberapa guru PAI yang membina kelancaran jalannya kegiatan implementasi Al- Qur‟an di SMPN 4 Kota Kediri, selain itu sekolah juga menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang lancarnya kegiatan literasi Al-Qur‟an. Faktor penghambat literasi Al-Qur‟an di SMPN 4 Kota Kediri adalah peserta didik belum memiliki kesadaran penuh untuk melaksanakan literasi Al-Qur‟an secara mandiri sehingga pelaksanaannya kurang maksimal. 3). Hasil dari implementasi Al- Qur‟an di SMPN 4 Kota Kediri adalah awalnya peserta didik masih kurang lancar dalam membaca Al-Qur‟an namun karena peserta didik rutin mengikuti pelaksanaan literasi Al-Qur‟an ini peserta didik menjadi lebih lancar dalam membaca Al-Qur‟an, meskipun belum 100% yag lancar membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:06
Last Modified: 27 Dec 2021 02:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item View Item