Fatkhan, Muhammad (2020) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Moral Siswa Di MA Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932115016 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932115016 bab1.pdf Download (528kB) |
|
Text
932115016 bab2.pdf Download (408kB) |
|
Text
932115016 bab3.pdf Download (546kB) |
|
Text
932115016 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932115016 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text
932115016 bab6.pdf Download (276kB) |
|
Text
932115016 daftar pustaka.pdf Download (169kB) |
|
Text
932115016 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah seiring berkembangnya zaman modern saat ini, selaras dengan perubahan tatanan kehidupan bermasyarakat terutama dalam hal moral. Hal ini menjadi peluang bagi para guru khususnya guru akidah akhlak untuk memberikan pembinaan moral kepada peserta didiknya. Fokus penelitian ini ialah: 1). Bagaimana upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam membina moral siswa di MA Da’watul Khoir Kertosono? 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya pembinaan moral siswa di MA Da’watul Khoir Kertosono? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi data-data penelitian mulai dari foto kegiatan dan juga data yang diperoleh dari kepala madrasah, dewan guru dan para siswa. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam membina moral siswa di MA Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk adalah pembelajaran intensif dikelas, pembiasaan karakter dalam menerapkan akhlak mulia, peran guru sebagai model, kerja sama guru dengan orang tua dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. 2). Faktor pendukung dalam pembinaan moral siswa di MA Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk adalah kedekatan hubungan guru dengan siswa dan orang tua, adanya kegiatan ekstrakurikuler dan perpustakaan, lingkungan yang kondusif, kerja sama semua guru dan kepala madrasah serta kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan upaya membina moral adalah latar belakang setiap siswa berbeda-beda dan sikap siswa yang tertutup, pengaruh pergaulan diluar madrasah, siswa yang tidak ikut kegiatan ekstrakurikuler, tidak maksimalnya siswa dalam memanfaatkan fasilitas belajar, pengaruh media sosial dan game online.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:03 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2986 |
Actions (login required)
View Item |