Nuroini, Dewi Fatimatu Zahrok (2020) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kab Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113516 prabab.pdf Download (811kB) |
|
Text
932113516 bab1.pdf Download (198kB) |
|
Text
932113516 bab2.pdf Download (248kB) |
|
Text
932113516 bab3.pdf Download (191kB) |
|
Text
932113516 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
Text
932113516 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
932113516 bab6.pdf Download (91kB) |
|
Text
932113516 daftar pustaka.pdf Download (182kB) |
|
Text
932113516 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pentingnya literasi dalam dunia pendidikan sebagai upaya membangun generasi bangsa dengan wawasan yang luas yang berbudi pekerti luhur. Maka Pemerintah melalui Kemendikbud mengeluarkan Permendikbud no. 23 tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter yang diwujudkan melalui implementasi Gerakan Literasi Sekolah dari jenjang SD sampai SMA. Adapun fokus penelitian dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah untuk menumbuhkan minat baca siswa di MTsN 2 Kediri?, (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi gerakan literasi sekolah untuk menumbuhkan minat baca siswa di MTsN 2 Kediri?, (3) Bagaimana solusi mengatasi masalah pada implementasi gerakan literasi sekolah untuk menumbuhkan minat baca siswa di MTsN 2 Kediri?. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan untuk memenuhi keabsahan data, maka peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Implementasi GLS di MTsN 2 Kediri diwujudkan denan melaksanakan program-program penunjang yaitu: Mading, Reading morning, Pojok baca, Arabic day, Gazebo literasi. (2) Faktor pendukung implementasi GLS di MTsN 2 Kediri yaitu: peran aktif warga sekolah, antusias siswa yang tinggi terhadap literasi, bantuan dari pihak lain, lingkungan sekolah yang kondusif, dan dukungan dari orangtua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: ruang perpustakaan yang tidak terlalu luas, kondisi buku yang kurang layak, serta motivasi dari anak yang beraneka ragam. (3) Solusi untuk mengatasi masalah tersebut antara lain: membuat pojok baca, pengadaan buku, penanaman motivasi teradap anak, serta menjadikan guru/staff selama belum adanya pustakawan khusus.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 04:16 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 04:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2979 |
Actions (login required)
View Item |