Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Tartil Di TPQ Nurul Qur’an Perumahan Puri Mangundikaran Nganjuk

Adzawiyah, Robiatul (2020) Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Tartil Di TPQ Nurul Qur’an Perumahan Puri Mangundikaran Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112816 prabab.pdf

Download (692kB)
[img] Text
932112816 bab1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
932112816 bab2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932112816 bab3.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932112816 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932112816 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
932112816 bab6.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932112816 daftar pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932112816 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

TPQ Nurul Qur‟an Perumahan Puri Mangundikaran Nganjuk, merupakan TPQ yang pertama kali mengunakan metode Qiro‟ati dalam pembelajaran Al- Qur‟an, metode Qiro‟ati adalah metode membaca Al-Qur‟an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan qoidah ilmu tajwid. Dengan menggunakan metode Qiro‟ati diharapkan dapat memudahkan santri di dalam membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Berangkat dari latar belakang tersebut maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana latar belakang pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan tartil di TPQ Nurul Qur‟an Perumahan Puri Mangundikaran Nganjuk? 2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan tartil di TPQ Nurul Qur‟an Perumahan Puri Mangundikaran Nganjuk? 3) Bagaimana hasil pembelajaran dari implementasi metode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan tartil di TPQ Nurul Qur‟an perumahan Puri Mangundikaran Nganjuk? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana penelitian ini berupa kata-kata yang berasal dari wawancara, catatan, laporan, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data diperoleh dari wawancara kepada kepala TPQ, Ustadz Ustadzah, santri dan wali santri. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yakni menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dari adanya pengalaman dari kerabat yang banyak belajar mengenai pembelajaran Al-Qur‟an, sehingga TPQ Nurul Qur‟an direkomendasikan untuk menggunakan metode Qiro‟ati karena dirasa bagus dan terlihat hasilnya, serta masih banyak ditemui orang yang membaca Al-Qur‟an tanpa memperhatikan hukum tajwidnya. 2) Pelaksanaan metode Qiro‟ati dilakukan pada waktu pagi untuk TPQ dewasa, dan siang sampai sore untuk TPQ anak-anak, pendaftaran dengan sistem inden, sebelum mengajar guru melaksanakan tadarus Al-Qur‟an yang disimak oleh kepala TPQ, metode Qiro‟ati memiliki 3 langkah kegiatan yaitu klasikal, individual, dan klasikal baca simak. 3) Hasil yang diperoleh dari penggunaan metode Qiro‟ati yaitu banyak santri yang mendapat juara dalam perlombaan, santri menguasai 8 materi (Tajwid, Gharib, Do‟a sehari-hari, Fasohah, Tartil, Wudhu, Shalat, dan surat pendek).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:10
Last Modified: 22 Dec 2021 04:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2977

Actions (login required)

View Item View Item