Abdau, Mohammad Faisal (2020) Peran Guru Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Di MTS Tribakti Kunjang Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107916 prabab.pdf Download (995kB) |
|
Text
932107916 bab1.pdf Download (238kB) |
|
Text
932107916 bab2.pdf Download (334kB) |
|
Text
932107916 bab3.pdf Download (167kB) |
|
Text
932107916 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text
932107916 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
932107916 bab6.pdf Download (166kB) |
|
Text
932107916 daftar pustaka.pdf Download (171kB) |
|
Text
932107916 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perasaan kurang percaya diri pada diri siswa telah menjadi permasalahan di dalam lembaga pendidikan, ketika siswa diminta guru untuk maju ke depan kelas, siswa menolak dan lebih senang menunjuk temannya. Apabila guru memberikan pertanyaan hanya beberapa siswa yang mau berpartisipasi dalam kelas, sedangkan mayoritas hanya diam. Kepercayaan diri siswa sangatlah kurang padahal percaya diri ini menjadi bagian penting dari perkembangan kepribadian seseorang, sebagai penentu atau pengerak bagaimana seseorang bersikap dan bertingkah laku, namun banyak orang yang tidak memiliki percaya diri meski pandai secara akademik, dikarenakan percaya diri ini bukan sesuatu yang dapat tumbuh dan ada dalam diri seseorang dengan sendirinya melainkan dengan sebuah latihan dan pembiasaan. Oleh sebab itu, dengan kegiatan Muhadharah diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan rasa percaya dirinya. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan Muhadharah di MTs Tribakti Kunjang Kab. Kediri?, (2) Karakter percaya diri seperti apa yang terbentuk dalam kegiatan Muhadharah di MTs Tribakti Kunjang Kab. Kediri?, (3) Apa saja peran guru di MTs Tribakti Kunjang Kab. Kediri dalam meningkatkan percaya diri siswa melalui kegiatan Muhadharah? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di MTs Tribakti Kunjang Kab. Kediri. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Dan pemeriksaan kebasahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan Muhadharah di MTs Tribakti Kunjang Kab. Kediri dilaksanakan pada setiap hari senin dua minggu sekali pada pukul 06.30 – 08.30 WIB dengan bertempat di halaman madrasah. Peserta yang mengikuti seluruh siswa MTs tribakti Kunjang dan juga guru pembina kegiatan Muhadharah. (2) Kepercayaan diri yang terbentuk dalam kegiatan Muhadharah di MTs Tribakti Kunjang Kab. Kediri, (a) Percaya dengan kemampuan diri sendiri, (b) Bertindak mandiri, (c) Memiliki rasa positif terhadap diri sendiri, (d) Berani. (3) Peran guru di MTs Tribakti Kunjang Kab. Kediri dalam meningkatkan percaya diri siswa melalui kegiatan Muhadharah. (a) Guru sebagai pembimbing, (b) Guru sebagai perancang pembelajaran, (c) Guru sebagai fasilitator, (d) Guru sebagai evaluator.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy (Pendidikan Jasmani dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 10:10 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 10:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2963 |
Actions (login required)
View Item |