Peran Sales Promotion Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Kasus Qomeshop Kediri)

Hikmah, Qoriatul (2020) Peran Sales Promotion Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Kasus Qomeshop Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931324513 prabab.pdf

Download (318kB)
[img] Text
931324513 bab1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
931324513 bab2.pdf

Download (325kB)
[img] Text
931324513 bab3.pdf

Download (126kB)
[img] Text
931324513 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
931324513 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
931324513 bab6.pdf

Download (52kB)
[img] Text
931324513 daftar pustaka.pdf

Download (114kB)
[img] Text
931324513 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran di dalam perusahaan memegang peranan penting, terutama dalam usaha untuk mencapai tingkat penjualan produk yang diharapkan. Berkaitan dengan hal di atas, promosi penjualan merupakan salah satu sarana yang penting untuk meningkatkan volume penjualan. Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk guna meningkatkan volume penjualan. Sedangkan volume penjualan merupakan perolehan yang didapatkan perusahaan dengan cara melakukan promosi penjualan yang telah berhasil menjual produk yang dihasilkan. Berdasarkan hal tersebut, maka muncul pertanyaan, bagaimana peran sales promotion bisa meningkatkan volume penjualan ditinjau dari segi marketing syariah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran promosi penjualan (sales promotion) terhadap volume penjualan pada Qomeshop Kediri. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berlokasi di Jalan Balowerti No. 88A Kediri. Sedangkan sumber data utama dalam menggali data mengenai penjualan produk fashion dan kecantikan adalah pemilik toko. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa toko Qomeshop menggunakan jasa sales promotion berupa endorsement untuk meningkatkan volume penjualannya dengan memilih selebgram yang memiliki pengaruh secara psikologis melalui popularitasnya. Sales promotion yang digunakan oleh Qomeshop telah mengacu pada empat prinsip dasar pemasaran syariah yaitu teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqiyah), dan humanistis (alinsaniyyah) dengan menggunakan jasa selebgram dimana pihak Qomeshop memberikan sampel yang akan digunakan oleh selebgram untuk direview, kemudian akan dijelaskan kelebihan pembelian di Qomeshop hingga kelebihan produk yang dijualnya. Dalam sisi kegiatan proses pemasarannya, toko Qomeshop jujur dengan apa yang ditawarkan dan tidak berlebihan. Yang akhirnya menimbulkan value atau nilai bagi konsumen bahwa produk yang di tawarkan Qomeshop layak untuk di beli dan bermanfaat bagi orang banyak. Qomeshop tidak menghalalkan segala cara agar mendapat keuntungan yang besar. Jadi, proses pemasaran yang dijalankan Qomeshop sudah memenuhi karakter dan paradigma pemasaran syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:29
Last Modified: 07 Dec 2021 01:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item