Darmikah, Darmikah (2020) Analisis Perilaku Pedagang Di Kawasan Wisata Sunan Bonang Kota Tuban Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931322313 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931322313 bab1.pdf Download (366kB) |
|
Text
931322313 bab2.pdf Download (369kB) |
|
Text
931322313 bab3.pdf Download (180kB) |
|
Text
931322313 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
Text
931322313 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
931322313 bab6.pdf Download (94kB) |
|
Text
931322313 daftar pustaka.pdf Download (222kB) |
|
Text
931322313 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
Abstract
Wisata religi makam Sunan Bonang merupakan objek wisata religi dengan jumlah pengunjung terbanyak di Jawa Timur. Dengan banyaknya pengunjung tentunya menjadi magnet tersendiri bagi para pedagang untuk menjajankan dagangannya. Interaksi antara pedagang dan pengunjung akan membentuk perilaku pedagang yang berlangsung terus menerus dan menjadi kebiasaan di wisata religi makam Sunan Bonang. Berdasarkan observasi awal peneliti, para pedagang menjual legen dalam keadaan basi (tuak), meninggikan harga barang untuk pengunjung dari luar kota. Perilaku pedagang tersebut tentunya sangat merugikan pembeli yang artinya para pedagang belum sesuai dengan etika bisnis islam. Untuk itu peneliti akan mengulas lebih jauh: (1) Bagaimana perilaku pedagang di kawasan wiasata Sunan Bonang?(2) Bagaimana perilaku pedagang di kawasan wisata Sunan Bonang ditinjau dari etika bisnis Islam?. Penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif. Kehadiran peneliti merupakan instrumen kunci dalam mengumpulkan data. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Dan teknik pengecekan keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini diantarannya adalah ketekunan pengamatan, triangulasi, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dalam proses transaksi jual beli yang dilakuakan oleh pedagang dalam melayani konsumen sudah sesuai dengan etika bisnis islam. Tetapi masih ada pedagang yang membeda-bedakan dalam menawarkan harga jual barang kepada konsumen, mereka akan menawarkan harga jual tinggi jika konsumen tersebut berasal dari luar kota (2) pemahaman pedagang di kawasan wisata sunan bonang kota Tuban mengenai etika bisnis Islam disimpulkan bahwa para pedagang belum sepenuhnya menerapkan etika bisnis Islam. Adapun kaitannya yakni: pedagang kurang memperhatikan dalam menimbang, mencampur barang kualitas baru dan lama, menjual legen yang sudah berubah menjadi tuak, akan tetapi dalam pelayanannya kepada konsumen para pedagang sangat ramah dalam bersikap kepada konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 01:12 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 01:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2894 |
Actions (login required)
View Item |