Analisis Perilaku Pedagang Di Kawasan Wisata Sunan Bonang Kota Tuban Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

Darmikah, Darmikah (2020) Analisis Perilaku Pedagang Di Kawasan Wisata Sunan Bonang Kota Tuban Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931322313 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931322313 bab1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
931322313 bab2.pdf

Download (369kB)
[img] Text
931322313 bab3.pdf

Download (180kB)
[img] Text
931322313 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
931322313 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
931322313 bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
931322313 daftar pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
931322313 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Wisata religi makam Sunan Bonang merupakan objek wisata religi dengan jumlah pengunjung terbanyak di Jawa Timur. Dengan banyaknya pengunjung tentunya menjadi magnet tersendiri bagi para pedagang untuk menjajankan dagangannya. Interaksi antara pedagang dan pengunjung akan membentuk perilaku pedagang yang berlangsung terus menerus dan menjadi kebiasaan di wisata religi makam Sunan Bonang. Berdasarkan observasi awal peneliti, para pedagang menjual legen dalam keadaan basi (tuak), meninggikan harga barang untuk pengunjung dari luar kota. Perilaku pedagang tersebut tentunya sangat merugikan pembeli yang artinya para pedagang belum sesuai dengan etika bisnis islam. Untuk itu peneliti akan mengulas lebih jauh: (1) Bagaimana perilaku pedagang di kawasan wiasata Sunan Bonang?(2) Bagaimana perilaku pedagang di kawasan wisata Sunan Bonang ditinjau dari etika bisnis Islam?. Penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif. Kehadiran peneliti merupakan instrumen kunci dalam mengumpulkan data. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Dan teknik pengecekan keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini diantarannya adalah ketekunan pengamatan, triangulasi, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dalam proses transaksi jual beli yang dilakuakan oleh pedagang dalam melayani konsumen sudah sesuai dengan etika bisnis islam. Tetapi masih ada pedagang yang membeda-bedakan dalam menawarkan harga jual barang kepada konsumen, mereka akan menawarkan harga jual tinggi jika konsumen tersebut berasal dari luar kota (2) pemahaman pedagang di kawasan wisata sunan bonang kota Tuban mengenai etika bisnis Islam disimpulkan bahwa para pedagang belum sepenuhnya menerapkan etika bisnis Islam. Adapun kaitannya yakni: pedagang kurang memperhatikan dalam menimbang, mencampur barang kualitas baru dan lama, menjual legen yang sudah berubah menjadi tuak, akan tetapi dalam pelayanannya kepada konsumen para pedagang sangat ramah dalam bersikap kepada konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:12
Last Modified: 07 Dec 2021 01:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item