Nisa', Ayu Zahrotun (2020) المعجم المصور متعدد اللغات لألطفال منهجه ومكوناته. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932502916 pra,1,2.pdf Download (625kB) |
|
Text
932502916 3,4.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text
932502916 5,dp.pdf Download (282kB) |
|
Text
932502916 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
Abstract
Metode dan Komponen Kamus Bergambar Multi Bahasa Untuk Anak : Kamus merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran bahasa asing. Kamus dianggap baik jika sesuai dengan kriteria standar kamus menurut pakarnya.“Kamus bergambar 4 bahasa for kids” merupakan kamus yang sasaran penggunanya adalah anak-anak. Salah satu komponen yang menarik di dalamnya yaitu adanya latihan-latihan di sela-sela tema mufrodat. Materi latihan dalam kamus setara dengan materi TK dan SD pada kelas awal. Latihan latihan tersebut juga berpotensi untuk meningkatkan minat pengguna kamus dalam mempelajarinya karena kemenarikan materi latihan yang sesuai dengan umur pengguna kamus. Penelitian ini membahas metode dan komposisi dalam kamus bergambar multi bahasa untuk anak. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apa saja karakteristik kamus bergambar multi bahasa untuk anak?, (2) Bagaimana kelengkapan kamus multi bahasa untuk anak?, (3) Apa Kelebihan dan Kekurangan Kamus bergambar multi bahasa untuk anak?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang meneliti dokumen. Sumber data berupa data primer dan sekunder yang didapatkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kamus ini terdiri dari 4 bahasa yang digunakan untuk anak non Arab dan disusun berdasarkan tema. (2) komponen kamus ini kurang lengkap terutama pada pendahuluan dan lampiran tetapi dari kriteria materi sudah sesuai dengan pengguna kamus. (3) kelebihan kamus ini adalah mudahnya pencarian mufrodat, mengetahui arti mufrodat, pembacaan mufrodat dan penampilan yang menarik. Adapun kekurangan kamus ini adalah informasi dalam pendahuluan dan lampiran sangat sedikit, terdapat beberapa kesalahan dalam peletakan harokat, transliterasi dan jenis mufrodat dalam tema.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 01:33 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 01:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2788 |
Actions (login required)
View Item |