Maharani, Sita (2020) Studi Eksperimen Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kontrol Emosi Anggota Kelompok Belajar “Bina Kita” Singonegaran Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933415216 prabab.pdf Download (994kB) |
|
Text
933415216 bab1.pdf Download (370kB) |
|
Text
933415216 bab2.pdf Download (369kB) |
|
Text
933415216 bab3.pdf Download (515kB) |
|
Text
933415216 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text
933415216 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
933415216 bab6.pdf Download (288kB) |
|
Text
933415216 daftar pustaka.pdf Download (303kB) |
Abstract
Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Kediri mendirikan pokjar (kelompok belajar) sebagai salah satu program pemerintah yang menargetkan anak untuk tetap memperoleh pendidikan lewat jalur kejar paket A, B dan C. Kegiatan belajar dan bekerja menjadi tantangan bagi pekerja anak, mereka dituntut untuk bisa menjalankan kedua tugasnya. Tuntutan dari lingkungan kerja mereka dan juga lingkungan belajar seringkali menyebabkan mereka menjadi stres dan mudah marah sehingga pengelolaan kontrol emosi mereka tidak stabil. Agar individu dapat mengekspresikan dengan tepat, mereka butuh bantuan orang lain. Kontrol emosi ini dipengaruhi oleh usia mereka yang masih remaja dan lingkungan sekitarnya yang menyebabkan mereka belum mampu mengelola emosi. Berdasarkan penelitian sebelumnya, konseling dianggap mampu memberikan pengaruh positif dalam mengelola emosi. Konseling kelompok adalah salah satu teknik terapi yang bertujuan untuk memberi bantuan berupa pengalaman dalam menyesuaikan dan perkembangan individu. Konseling kelompok adalah bantuan untuk individu yang dilakukan dengan dalam sebuah kelompok, tiap individu akan diberi arahan agar lebih mudah menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan format one group pretest-posttest design, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Data yang diperoleh dengan alat ukur sebuah skala atau angket tentang kontrol emosi sebagai data primer. Observasi, wawancara, dan studi pustaka sebagai data sekunder. Tahap terakhir yang dilakukan adalah menganalisis data dengan uji wilcoxon dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh konseling kelompok terhadap kontrol emosi dengan nilai pretest rata-rata 31,40 dan nilai posttest 63,20 dengan hasil uji Wilcoxon diketahui nilai Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0,042 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya, ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok terhadap anggota Pokjar Bina Kita Singonegaran Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 04:21 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 04:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2773 |
Actions (login required)
View Item |