AMALIA, RIZQI (2017) Pengembangan Budaya Religius Siswa melalui Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah (MAUWH) Tambakberas Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
sampul_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (174kB) |
Abstract
Budaya religius merupakan upaya pengembangan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Secara terperinci tujuan pendidikan nasional dijelaskan dalam pasal 3 UUSPN No. 20 Tahun 2003, bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Maka dengan ini ekstrakurikuler keagamaan mengambil peran aktif di dalamnya guna menumbuh kembangkan minat dan bakat peserta didik salah satunya adalah ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an karena seorang yang menghafal al-Quran merupakan seorang yang dipilih oleh Allah SWT. Untuk menerima warisan kitab suci al-Karim serta di muliakan oleh Allah swt. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Budaya Religius di Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah (MAUWH) Tambakberas Jombang? 2) Bagaimana Pengembangan Budaya Religius siswa melalui Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah (MAUWH) Tambakberas Jombang? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa budaya religius di Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah Tambahberas Jombang sebagai berikut:1) a. Pembiasaan keagamaan dibidang ibadah antara lain, shalat dzuha dan dzuhur berjam’ah, b. bidang akidah yaitu berdoa bersama, membaca surat-surat pilihan dan surat-surat pendek, tadarus al-Qur’an, dan istighasah, c. bidang akhlak yaitu pembiasaan atau membiasaan 5s (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), dan Bakti BU. 2) Sedangkan pengembangan budaya religius siswa melalui ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah Tambahberas Jombang yaitu mampu menjadikan diri siswa lebih baik dari pada yang sebelumnya. Hal ini sudah menunjukkan kesesuaian dengan tujuan yang diharapkan oleh madrasah. seperti: slebih sering melakukan atau menjadi lebih antusias melakukan kegiatan-kegiatan dalam hal positif , seperti senang tadarus al-Qur’an, senang dan sering melakukan shalat shalat dzuha berjamaah, sering bangun malam untuk melakukan shalat tahajud, dan melakukan puasa senun kamis.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 04:31 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 04:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/277 |
Actions (login required)
View Item |