Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Warung Klepon Miroso Wonosari Pagu Kediri)

Nisa, Uswatun (2021) Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Warung Klepon Miroso Wonosari Pagu Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931326416 prabab,1,2,3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931326416 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
931326416 6,dp.pdf

Download (470kB)
[img] Text
931326416 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemasaran makanan tradisional saat ini sangat sulit karena masyarakat sekarang menganggap makanan modern adalah lifestyle. Banyaknya persaingan, perlu adanya manajemen pemasaran untuk mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan berubah value yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip bisnis dalam Islam. maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran makanan tradisional pada warung klepon miroso Wonosari Pagu Kediri?, 2) Bagaimana strategi pemasaran makanan tradisional pada warung klepon miroso Wonosari Pagu Kediri dalam perspektif marketing syariah? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan bersumber dari data primer yaitu data yang diperoleh dari proses wawancara, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah pertama, Strategi pemasaran makanan tradisional pada warung klepon miroso Wonosari Pagu Kediri adalah produk yang ditawarkan yaitu klepon, lupis dan cenil. Pemilihan tempat tidak memiliki strategi secara khusus, dimana lokasi warung menjadi satu dengan rumah pemilik dan distribusi masih secara offline atau datang langsung ke tempat. Harga yang ditetapkan disesuaikan dengan harga bahan baku, biaya produksi dan keuntungan. Promosi yang diterapkan dari mulut ke mulut (word of mouth). Sedangkan kedua, Strategi pemasaran makanan tradisional pada warung klepon miroso Wonosari Pagu Kediri dalam perspektif marketing syariah adalah secara keseluruhan pemasaran yang dilakukan warung klepon miroso sudah sesuai dengan karakteristik dan etika yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha muslim. Karakteristik disini yaitu ketuhanan, etis atau akhlaq, realistis, dan humanistis. Akan tetapi dari segi prinsip marketing syariah masih belum terpenuhi yaitu information technology allows us to be transparent, dimana warung klepon miroso masih belum memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini, seperti promosi dengan menggunakan media sosial. Sehingga warung klepon miroso dalam perubahan teknologi masih tertinggal jauh. Sedangkan dalam etikanya sudah terpenuhi yaitu berperilaku baik dan simpatik, berperilaku adil dalam bisnis, menepati janji dan tidak curang, jujur dan terpercaya, dan tidak suka menjelek-jelekkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:11
Last Modified: 27 Oct 2021 02:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2647

Actions (login required)

View Item View Item