Magfiroh, Febyana (2021) Pengelolaan Bisnis Catering Ditinjau Dari Manajemen Syariah (Studi Kasus di Rumah Catering "ELVITA" di Kelurahan Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931322014 prabab,1,2,3.pdf Download (450kB) |
|
Text
931322014 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
931322014 6,dp.pdf Download (185kB) |
|
Text
931322014 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
Abstract
Catering "ELVITA" merupakan salah satu bisnis terbesar di wilayah kelurahan Banjarmlati yang bergerak dalam pembuatan olahan makanan yang selalu meningkat dari waktu ke waktu. Bisnis catering ini terkenal dengan banyaknya pilihan menu dengan harga yang lebih ekonomis. Namun, pada kenyataannya masih ditemui kendala dalam proses produksi seperti adanya produk gagal karena kurang tepat dalam pemilihan bahan baku. Dari konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan bisnis catering “ELVITA”? 2) Bagaimana pengelolaan bisnis catering “ELVITA” di Kelurahan Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ditinjau dari Manajemen Syariah?. Penelitian yang telah dilakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Data primer di dalam penelitian ini diperoleh dari pihak rumah catering "ELVITA" dan beberapa pelanggan. Dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam pelaksanaan bisnis catering "ELVITA" sudah menerapkan fungsi manajemen, meskipun belum berjalan dengan maksimal. Terkait dalam fungsi manajemen yang sudah sesuai namun ada beberapa yang harus diperhatikan lagi yaitu pada fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi penggerakan, dan fungsi pengawasan juga masih belum maksimal. Sedangkan ditinjau dari manajemen syariah, pemilik sudah menerapkan implementasi syariah dalam prinsip Amar ma'ruf nahi munkar pemilik sudah menerapkan sikap ta’wun (tolong-menolong) untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, namun dalam memberikan waktu istirahat pemilik tidak memberi keharusan untuk karyawannya segera melakukan shalat dzuhur berjamaah. Pada prinsip menegakkan keadilan bahwa pemilik sudah menerapkan keadilan dalam memberikan harga yang sesuai dengan permintaan konsumen, akan tetapi dalam memberikan wewenang dan tanggung jawabnya kepada karyawan belum menerapkan keadilan yang baik. Sedangkan pada prinsip amanah bahwa pemilik catering “ELVITA” dalam sikap amanah belum mampu menerapkan secara baik, hal ini dilihat dari pemilik terlalu memberikan keleluasaan kepada karyawan sehingga karyawan kurang disiplin dalam bekerja.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 06:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2634 |
Actions (login required)
View Item |