Pengaruh Bermain Game Online Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ngadiluwih

Aqwa, Mohammad Fahmi (2021) Pengaruh Bermain Game Online Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109816 prabab,1,2,3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109816 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text
932109816 6,dp.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932109816 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ada dua yaitu faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam dan faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar. Bermain game online merupakan faktor internal hal ini diperkuat oleh pendapat Immanuel yang berbunyi : faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam diri yang dapat mempengaruhi seseorang untuk bermain game yaitu akan menimbulkan keinginan yang kuat untuk memperoleh skor tertinggi. Hal tersebut akan mengakibatkan seseorang tidak mampu untuk mengontrol diri sehingga ingin bermain game secara terus menerus.2 Sedangkan minat belajar sendiri sudah termasuk didalam faktor internal dikarenakan minat adalah rasa suka untuk memperoleh ilmu pengetahuan lebih dalam tanpa adanya paksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh bermain game online terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih, (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih, (3) pengaruh bermain game online dan minat belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan lokasi penelitiannya di SMAN 1 Ngadiluwih. Populasi dalam penelitian ini adalah 245 siswa kelas XI. Pengambilan sampel sebanyak 72 siswa dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10 %. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah bermain game online, minat belajar, dan prestasi belajar. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil temuan penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1). ada pengaruh yang signifikan antara bermain game online terhadap prestasi belajar PAI siswa sebesar 7,6% dan nilai signifikansi sebesar 0,019. (2). ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa sebesar 5,8% dan dan nilai signifikansi sebesar 0,041. (3). ada pengaruh yang signifikan antara bermain game online dan minat belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa sebesar 14,2% dan nilai signifikan sebesar 0,005.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:06
Last Modified: 21 Oct 2021 05:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item View Item