Rovianty, Iga Agustina Imma (2021) Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Karakter melalui Budaya Religius pada Siswa SMAN 1 Gurah Kediri di Era Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106917 - prabab,1,2,3.pdf Download (331kB) |
|
Text
932106917 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text
932106917 6,dp.pdf Download (139kB) |
|
Text
932106917 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
Abstract
Guru PAI memiliki peran yang sangat penting salah satunya dalam penanaman karakter bagi peserta didik. Namun, di masa pandemi covid-19 dunia pendidikan mengalami tantangan dalam penyampaian nilai-nilai karakter yang cukup membuat khawatir akan terjadinya character lost pada peserta didik. Walaupun terasa sulit namun, tetap dicari solusinya seperti halnya apa yang dilakukan oleh guru PAI SMAN 1 Gurah dengan menerapkan budaya religius di tengah pembelajaran jarak jauh dalam mewujudkan nilai religius, jujur, disiplin, gemar membaca dan tanggung jawab bagi peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: 1) budaya religius yang dikembangkan oleh guru PAI SMAN 1 Gurah. 2) Tugas dan fungsi guru PAI dalam menanamkan nilai karakter melalui budaya religus di masa pandemi covid-19. 3) Kendala yang ditemui guru PAI selama pelaksanaan budaya religius di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI, siswa-siswi kelas X, XI, XII MIPA MIPS, dan Waka Kurikulum SMAN 1 Gurah. Kemudian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. budaya religius selama pembelajaran jarak jauh antara lain pembiasaan Sholat Fardhu dan Sunnah, tadarus Al-Qur‟an serta kegiatan membantu orang tua dengan mengisi laporan kegiatan. 2. Tugas dan fungsi guru PAI adalah: a) memberikan pembimbingan dan pemahaman terkait pentingnya pembiasaan sholat, tadarus dan membantu orang tua bagi siswa-siswi. b) Memberikan fasilitas belajar dengan cara terbuka untuk siswa-siswi. c) Selalu memberi dorongan berupa motivasi dan pesan-pesan. d) Memberikan penilaian terhadap laporan kegiatan siswa-siswi. 3. Kendala yang dihadapi guru PAI adalah: a) keterbatasan dalam pemantauan dan pembimbingan siswa-siswi selama pembelajaran jarak jauh. b) Masih terdapat beberapa siswa yang terlambat mengumpulkan laporan kegiatan sehingga menghambat evaluasi guru dalam memberikan penilaian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 03:37 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2625 |
Actions (login required)
View Item |