Implementasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dalam Menumbuhkan Motivasi Religius pada Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang)

Ishom, Umi Fauziah (2021) Implementasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dalam Menumbuhkan Motivasi Religius pada Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133117 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932133117 BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932133117 BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
932133117 BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932133117 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
932133117 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
932133117 BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
932133117 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932133117 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi religius sangat dibutuhkan oleh anak-anak apalagi dizaman sekarang sudah mulai hilang dan luntur. Sebagai usaha untuk menanggulangi hilang dan lunturnya motivasi religius dapat dilakukan dengan menerapkan pembiasan yang baik pada anak. Seperti yang sudah dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang menerapkan pembiasaan membaca Asmaul Husna yang dapat menumbuhkan motivasi religius peserta didik. Ada beberapa fokus penelitian dalam penelitian ini mengenai bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna, bagaimana motivasi religius siswa, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dari pembiasaan membaca Asmaul Husna. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna bertujuan untuk membentengi diri dari keburukan yang dilaksanakan pada pukul 06.30 dengan dimulai dari membaca tilawah, do’a belajar yang didalamnya ada Asmaul Husna yang bermanfaat sebagai meditasi diri. Dengan itu dapat menumbuhkan motivasi religius dengan melalui ketekunan peserta didik, tidak mudah putus asa, berpegang teguh, dan selalu mencari hal yang baru. Dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna ada faktor pendukung dalam menerapkannya yang meliputi faktor intelegensi peserta didik yang ada pada peserta didik dalam menumbuhkan motivasi religius dikehidupan sehari-hari. Selain itu, ada dari guru yang mendukung akan adanya pembiasaan membaca Asmaul Husna dengan mengawasi peserta didik pada saat pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna. Ada juga dari keluarga, terutama orang tua yang sangat setuju dan mendukung kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna yang menjadikan peserta didik menjadi baik. Akan tetapi, dibalik adanya faktor pendukung ada juga faktor penghambat dalam pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna seperti faktor biologis, peserta didik dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna kurang bersemangat saat pelaksanaan pembiasaan yang diadakan. Ada juga faktor dari teman, saat pelaksanaan pembiasaan membaca Asamul Husna ada teman yang biasanya mengajak berbicara sendiri dan tidak memperhatikan dalam pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:34
Last Modified: 28 Sep 2021 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2583

Actions (login required)

View Item View Item