Setyawan, Resa (2021) Analisis Pemikiran Syaikh al-Zarnuji dalam Ta’līm al-Muta’allim dan Relevansinya dengan Landasan Pendidikan Modern. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932102617 prabab.pdf Download (470kB) |
|
Text
932102617 BAB I.pdf Download (594kB) |
|
Text
932102617 BAB II.pdf Download (525kB) |
|
Text
932102617 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
|
Text
932102617 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Text
932102617 BAB V.pdf Download (120kB) |
|
Text
932102617 LAMPIRAN BELAKANG.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemikiran syaikh al-Zarnuji termuat di dalam karya kitabnya yang berjudul “Ta’līm al-Muta’allim”. Pemikiran tersebut sudah muncul sejak periode zaman klasik yakni antara abad ke-12 dan ke-13 masehi ketika masa pemerintahan bani Abbasiyah. Sekarang memasuki abad ke-21 masehi dengan pendidikan modernnya yang ditandai oleh berbagai kecanggihan dibidang teknologi yang digunakan di dalamnya. Namun pada realita yang terjadi pemikiran syaikh al�Zarnuji tersebut hingga sekarang masih memiliki eksistesi dalam memberikan pengaruhnya pada pendidikan. Maka maksud dari penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk mengetahui letak relevansi pemikiran tersebut dengan landasan�landasan pendidikan modern yang sedang terjadi pada zaman sekarang. Sehingga dengan hal tersebut permasalahan yang diperlu diselesaikan, meliputi: 1) Bagaimana konteks pemikiran yang terdapat pada pemikiran syaikh al-Zarnuji dari fasal pertama hingga fasal kelima? 2) Bagaimana relevansi yang terjadi dari pemikiran syaikh al-Zarnuji dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim dengan beberapa landasan pendidikan modern? Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan dengan teknik analisis datanya menggunakan content analisys. Data tersebut diperoleh dari sumber data primer berupa kitab Ta’līm al-Muta’allim yang didukung dengan beberapa sumber data sekunder yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian, bahwa dari keseluruhan pemikiran mulai fasal pertama hingga kelima termuat konteks pemikiran yang meliputi konteks pembelajaran, konteks afektif, konteks spiritual, konteks psikologi, konteks manajerial, konteks filsafat pendidikan, dan konteks sejarah pendidikan. Sehingga dengan demikian diketahui, bahwa dalam pemikiran syaikh al-Zarnuji terdapat relevansi dengan tujuh landasan dari sembilan belas landasan pendidikan modern yang meliputi landasan pembelajaran, landasan afektif, landasan spiritual, landasan psikologi, landasan manajerial, landasan filsafat pendidikan dan landasan sejarah pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 02:59 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 02:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2580 |
Actions (login required)
View Item |