Sholihah, Imroatus (2021) Problematika Penggunaan Google classroom Sebagai Sarana Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Purwoasri Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118817 prabab,1,2,3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932118817 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
932118817 6,dp.pdf Download (181kB) |
|
Text
932118817 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Google classroom merupakan aplikasi pembelajaran secara online yang dapat dilakukan melalui jarak jauh sehingga guru menjadi mudah dalam memberikan materi, mengelompokkan dan membagikan tugas. Dalam penggunaan pembelajaran dengan google classroom tentu saja terdapat banyak sekai problematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Purwoasri, mengetahui problematika penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Purwoasri, dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam menghadapi problematika penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Purwoasri. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Hubberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran PAI dengan Google Classroom dilakukan sama dengan pembelajaran tatap muka yakni dimulai dengan pembuka, inti, penutup dan evaluasi. 2) problematika pembelajaran Google Classroom meliputi problematika Sumber Daya Manusia (SDM), problematika siswa, problematika penguasaan materi dan problematika lingkungan keluarga. 3) upaya pihak sekolah dan guru PAI di SMA Negeri 1 Purwoasri dalam menghadapi problematika SDM antara lain mengadakan workshop dan melaksanakan supervisi, kemudian problematika siswa pembelajaran di grup WhatsApp, menjelaskan ulang materi, mengadakan pertemuan skala kecil, kemudian upaya siswa yaitu bertanya kepada guru, mencari materi di sosial media, Youtobe, google dan buku LKS/Paket. terkait problematika penguasaan materi yaitu dengan cara mencari referensi dari berbagai sumber. Yang terakhir problematika lingkungan keluarga dengan membuat grup WhatsApp khusus wali kelas dan wali murid, datang kesekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:00 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
View Item |