Pelaksanaan Evaluasi Program Tahfiz Siswa MTsN 6 Nganjuk Selama Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021

Vitrian, Vina Auliya (2021) Pelaksanaan Evaluasi Program Tahfiz Siswa MTsN 6 Nganjuk Selama Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124917 PRA BAB.pdf

Download (529kB)
[img] Text
932124917 BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932124917 BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
932124917 BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
932124917 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
932124917 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
932124917 BAB VI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932124917 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932124917 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana evaluasi Context, Input, Process dan Product dalam pelaksanaan program Tahfiz di MTSN 6 Nganjuk selama Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) menggunakan teori dari Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah sesuai kemudian dilakukan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen 1) Context yakni Madrasah telah mempunyai tujuan tahfiz untuk menciptakan generasi berwawasan Qur’ani. legalitas program tercantum pada Kurikulum 2013 yang berjalan di MTsN 6 Nganjuk. Dukungan lingkungan dari masyarakat sangat berpengaruh pada pelaksanaan program tahfiz. Program tahfiz diadakan karena sangat dibutuhkan oleh guru, peserta didik dan masyarakat. 2) Input yakni SDM sudah sangat mendukung untuk proses pelaksanaan program, sarana dan prasarana sudah sangat memadai. Sumber dana diperoleh dari DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) serta dari iuran swadaya masyarakat. Perencanaan yang diperlukan dalam program tahfiz yakni melibatkan siswa pada kegiatan masyarakat. Kurikulum dan metode yang digunakan dengan metode klasikal, Murojaah dan setoran hafalan. 3) Process pelaksanaan dilakukan secara tatap muka setiap hari kecuali hari ahad serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengajar sudah baik dalam menyampaikan pembelajaran di program tahfiz dari segi pengelolaan kelas hingga kemampuan mengajar sudah berkompeten. Hambatan yang sering dijumpai dari peserta didik baik dari faktor internal yaitu lupa, malas, bosan dan putus asa maupun eksternal seperti pergaulan, dukungan lingkungan dan keluarga. 4) Standar capaian program tahfiz siswa kelas 7 dan 8 rata-rata sudah mencapai target jangka pendek yakni Juz Amma dan masih sedikit yang sampai pada jangka menengah yakni 3-5 Juz. Manfaat program tahfiz siswa mampu memiliki religiusitas lebih unggul mampu melafalkan Al-Qur’an baik secara tajwid Maupun Makharijul huruf.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:08
Last Modified: 25 Aug 2021 03:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2530

Actions (login required)

View Item View Item