Fitriani, Lailatul (2021) Pelaksanaan Program Tah}fiz} Al-Qur‟an Bagi Anak Asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Ar-Risalah Hidayatullah Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932130017 prabab.pdf Download (855kB) |
|
Text
932130017 1,2,3.pdf Download (892kB) |
|
Text
932130017 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
Text
932130017 6,dp.pdf Download (246kB) |
|
Text
932130017 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) merupakan instansi yang mempunyai misi sosial yakni membentuk perkembangan anak yang tidak mempunyai keluarga ataupun yang tidak tinggal bersama keluarga. Peran pengasuh dalam instansi ini benar-benar vital dan perlu sebagai figur subtitusi atau pengganti peran orang tua dalam mengasuh, menjaga dan memberi tambahan bimbingan kepada anak supaya anak menjadi manusia dewasa yang berguna dan bertanggung jawab atas dirinya dan pada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Namun dalam pelaksanaannya bentuk pengasuhan yang diterapkan oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) haruslah menunjang terhadap tujuan masing-masing dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) tersebut, sebagaimana di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Ar-Risalah Hidayatullah Mojoroto Kota Kediri dalam pengasuhan melaksanakan program tahfidz al-Qur‟an teruntuk anak asuhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dipusatkan pada pelaksanaan program tah}fiz} al-Qur‟an yang diterapkan. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh dilakukan analisis data menggunakan 3 cara yakni reduksi data, penyajian data dan simpulan data. Untuk pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) alasan adanya program tah}fiz} al-Qur‟an bagi anak asuh di Mengapa Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Ar-Risalah Hidayatullah adal untuk menyelaraskan dengan tujuan Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 12 bagian 1 dan untuk melestarikan al-Qur‟an. (2) Pelaksanaan Program tah}fiz} al-Qur‟an di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Ar-Risalah Hidayatullah di lakukan dengan kegiatan memotivasi, tah}sin, menghafal, usbū`ul is}lah} (melancarkan), murāja`ah, dan evaluasi (ujian tasmi`). (3) faktor pendukung dari program tah}fiz} al-Qur‟an adalah fasilitas yang mendukung, motivasi lingkungan dan diri sendiri, motivasi dan doa orang tua, manajemen waktu, sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa malas dan ayat yang sudah dihafal hilang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 02:44 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 02:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2522 |
Actions (login required)
View Item |