Agustin, Nur Laily (2021) Peranan Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Agama pada Remaja untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu di RW 04 Dusun Ngepung Patianrowo Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932121817 prabab.pdf Download (545kB) |
|
Text
932121817 1,2,3.pdf Download (471kB) |
|
Text
932121817 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text
932121817 6,dp.pdf Download (93kB) |
|
Text
932121817 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
Abstract
Orang tua memiliki peranan penting dalam tugas dan tanggung jawabnya terhadap keluarganya. Terutama dalam pendidikan agama tentang sholat lima waktu. Orang tua menjadi panutan seorang anak yang akan ditiru dan di contoh oleh anaknya. Apabila kedua orang tuanya bekerja bisa menyebabkan orang tua menjadi lalai untuk mengawasi anaknya. Orang tua menyerahkan pendidikan agama anaknya pada lembaga pendidikan saja yang menurut mereka sudah cukup. Sehingga orang tua lalai dalam memberikan bimbingan tentang sholat kepada anaknya, yang mengakibatkan anak tidak melaksanakan sholat. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peranan orang tua dalam membimbing anak untuk melaksanakan sholat lima waktu? (2) Apa faktor penghambat orang tua dalam membimbing anak untuk melaksanakan sholat lima waktu? (3) Bagaimana solusi yang diberikan orang tua untuk menghadapi faktor penghambat dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjanagan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triagulasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa (1) Peranan orang tua dalam membimbing anak meliputi: a. membimbing anak dengan mencontohkan secara langsung atau demontrasi, b. memberikan nasihat dan cerita, c. memberikan hukuman, d. membimbing anak dengan cara pembiasaan, e. orang tua menyerahkan ke lembaga pendidikan untuk membimbing anak. (2) Faktor penghambat orang tua meliputi: a. kesibukan orang tua, b. pengaruh teman sebaya, c. kecanduan game di handphone, d. pengaruh tayangan television/TV. (3) Solusi yang diberikan orang tua meliputi: a. bergantian menyempatkan waktu dalam membimbing anak, b. memberi nasihat kepada anak, c. menyita handphone anak, d. mengatur waktu saat menonton television/TV.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:27 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 04:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2520 |
Actions (login required)
View Item |