Pengawasan Orang Tua Dalam Keaktifan Belajar Siswa di Rumah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX-A Smp Negeri 5 Kota Kkediri

Ulum, Ahmad Miftahul (2020) Pengawasan Orang Tua Dalam Keaktifan Belajar Siswa di Rumah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX-A Smp Negeri 5 Kota Kkediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100715 prabab.pdf

Download (352kB)
[img] Text
932100715 bab1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932100715 bab2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932100715 bab3.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932100715 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
932100715 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
932100715 bab6.pdf

Download (97kB)
[img] Text
932100715 daftar pustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932100715 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting, karena melalui pendidikan dapat dibentuk kepribadian anak. Pendidikan menurut bahasa berarti proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Orang tua mempunyai peran penting dalam pendidikan anaknya. Salah satunya adalah perhatian orang tua dalam bentuk pengawasan terhadap pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Tahaptahap peneitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap pembuatan laporan penelitian, dan tahap analisa data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengawasan orang tua yang paling tepat dalam kegiatan belajar anak di rumah serta meningkatkan prestasinya adalah authoritative parenting. Bentuk perhatian orang tua terhadap belajar anak diantaranya adalah membimbing, melakukan pengawasan belajar, memberikan motivasi, fasilitas belajar serta memberikan penghargaan. Kegiatan belajar mengajar guru di sekolah menerapkan model pendekatan student centered. Dan dengan memberikan evaluasi berupa penilaian untuk mengukur kemampuan dan keberhasilan siswa dari penilaian kognitif, afektif, hingga psikomotor.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 18 Aug 2021 06:19
Last Modified: 18 Aug 2021 06:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item