Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Etnomatematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII

Khoiriyah, Amin (2021) Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Etnomatematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932302417 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932302417 BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
932302417 BAB II.pdf

Download (139kB)
[img] Text
932302417 BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
932302417 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
932302417 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
932302417 BAB VI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932302417 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932302417 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model pembelajaran problem based learning berbasis pendekatan etnomatematika, untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan metode pembelajaran ceramah dan diskusi, dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning berbasis pendekatan etnomatematika efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group desain. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Pomosda Tanjunganom yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dari seluruh populasi dipilih dua kelas debagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol akan diberikan perlakuan model pembelajaran problem based learning berbasis pendekatan etomatematika, sementara untuk kelas eksperimen akan diberikan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, lembar observasi, dan soal tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Uji efektivitas pada penelitian ini didasarkan pada indikator keefektifan pembelajaran meliputi kemampuan guru, aktivitas peserta didik, dan perolehan nilai posttest. Hasil dari analisis data menujukkan bahwa kemampuan guru dan aktivitas peserta didik yang diperoleh melalui lembar observasi menujukkan kategori sangat aktif dan aktif. Analisis perolehan nilai posttest dilakukan dengan uji independent samples test yang mendapatkan nilai signifikansi sebesar yang artinya model pembelajaran problem based learning berbasis pendekatan etnomatematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbasis pendekatan etnomatematika efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII di SMP Pomosda pada materi luas permukaan kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:42
Last Modified: 09 Aug 2021 03:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2477

Actions (login required)

View Item View Item