Pengaruh kualitas pelayanan dan citra lembaga terhadap loyalitas nasabah di BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) Sidogiri Cabang Sukorejo Blitar

Nurdiana, Ika Novia (2018) Pengaruh kualitas pelayanan dan citra lembaga terhadap loyalitas nasabah di BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) Sidogiri Cabang Sukorejo Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931310713 Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931310713 BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
931310713 BAB II.pdf

Download (574kB)
[img] Text
931310713 BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
931310713 BAB IV.pdf

Download (825kB)
[img] Text
931310713 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
931310713 BAB VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
931310713 Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
931310713 Lampiran.pdf

Download (738kB)

Abstract

Ketatnya persaingan lembaga keuangan, terutama dalam hal memperoleh dan mempertahankan nasabah. Persaingan yang tinggi mengharuskan lembaga keuangan memperhatikan pentingnya kualitas pelayanan sebagai upaya untuk mempertahankan nasabah. Selain kualitas pelayanan citra lembaga juga sangat mempengaruhi nasabah dalam pengambilan keputusan nasabah dalam menabung. Citra merupakan seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki seseorang terhadap suatu perusahaan. Citra yang positif di benak masyarakat serta pelayanan yang memuaskan dapat meningkatkan kepuasan nasabah serta berpengaruh pada loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah 411 nasabah Penabung BMT UGT Sidogiri Cabang Sukorejo Blitar. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 118 nasabah Penabung BMT UGT Sidogiri Cabang Sukorejo Blitar. Pengambilan jumlah sampel ditentukan dengan random sampling dan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variable kualitas pelayanan (X1), citra lembaga (X2) dan loyalitas nasabah (Y) berdistribusi normal, dilihat dari hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov yaitu Asymp. Sig 0,432 > 0,05 (taraf signifikan). Dari hasil uji simultan diketahui nilai sig 0,000 yang berarti nilai sig 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa secara bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan citra lembaga berpengaruh terhadap loyalitas nasabah secara signifikan. Sedangkan dari analisis menggunakan regresi menghasilkan model persamaan Y = ,162 + 0,360 X1 + 0,341 X2 dan berdasarkan analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,61,9. Artinya variable kualitas pelayanan dan citra lembaga mampu mempengaruhi loyalitas nasabah sebesar 61,9%. Sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas atau diteliti dalam penelitian ini. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan citra lembaga terhadap loyalitas nasabah di BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) Sidogiri Cabang Sukorejo Blitar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 29 Jul 2021 05:00
Last Modified: 29 Jul 2021 05:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item View Item