Nugroho, Adi Setyo (2018) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pembiayaan murabahah BMT Rahmat Semen Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931304013 Pra BAB.pdf Download (642kB) |
|
Text
931304013 BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text
931304013 BAB II.pdf Download (475kB) |
|
Text
931304013 BAB III.pdf Download (257kB) |
|
Text
931304013 BAB IV.pdf Download (397kB) |
|
Text
931304013 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
Text
931304013 BAB VI.pdf Download (157kB) |
|
Text
931304013 Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) |
|
Text
931304013 Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan yang baik menjadi suatu keharusan yang dilakukan perusahaan supaya mampu bertahan dan mewujudkan kepuasan pelanggan. BMT Rahmat Semen Kediri berdiri sejak tahun 2003. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di BMT Rahmat Semen Kediri dan bagaimana kepuasan anggota BMT Rahmat Semen Kediri serta pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah BMT Rahmat Semen Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber penelitian data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada 82 anggota dari 430 anggota pembiayaan muabahah BMT Rahmat Semen Kediri menggunakan metode non random sampling berdasarkan hasil hitungan dari rumus Taro Yamane. analisis dilakuakan dengan cara pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi regresi linier sederhana, analisis korelasi pearson product moment, dan koefisien determinasi. Pelayanan (X) di BMT Rahmat Semen Kediri berdasarkan indikator keandalan, daya tanggap, kepastian atau jaminan, empati, dan bukti langsung atau hal-hal yang terlibat temasuk kategori baik. Sedangkan kepuasan anggota (Y) BMT Rahmat Semen Kediri berdasarkan indikator kualitas produk, kualitas pelyanan, emosional, harga, dan biaya termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan beberapa hasil analisis data yang dilakukan peneliti terhadap kedua variabel diperoleh distribusi data yang berdistribusi normal. Dalam uji asumsi klasik tidak terdapat masalah sehingga dapat dilakukan analisis regresi. Analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 4,446 + 0,401x. Nilai signifikasi dari tabel koefisian diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000<0,05. Kesimpulanya Ha diterima artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pembiayaan murabahah BMT Rahmat Semen Kediri. Perhitungan korelasi yang telah dilakuakan menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan tehadap kepuasan anggota BMT Rahmat Semen Kediri memiliki nilai Pearson Corellation sebesar 0,810. Hasil uji koefisien determinasi diketahui bahwa nilai koefisien koelasi R sebesar 0,810. Kemudian besar nilai R2 (Koefisien Deteminasi) sebesar sebesar 0,656 atau 65,6%, ini berarti pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota sebesar 65,6%. Sedangkan 34,4% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | User Repo |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 03:41 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 03:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2440 |
Actions (login required)
View Item |