Nadiroh, Asfiyatun (2018) Perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu ditinjau dari etika bisnis islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931305713 Pra BAB.pdf Download (2MB) |
|
Text
931305713 BAB I.pdf Download (352kB) |
|
Text
931305713 BAB II.pdf Download (412kB) |
|
Text
931305713 BAB III.pdf Download (189kB) |
|
Text
931305713 BAB IV.pdf Download (324kB) |
|
Text
931305713 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
Text
931305713 BAB VI.pdf Download (86kB) |
|
Text
931305713 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text
931305713 Lampiran.pdf Download (548kB) |
Abstract
Dagang merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk kelangsungan perekonomian. Pasar menjadi tempat terpenting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Pasar bukan hanya sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli tetapi merupaan tempat berinteraksi sosial. Perilaku pedagang merupakan tingah laku seorang penjual kepada pembeli, bagaimana seorang pedagang kepada pembeli dalam transaksi jual-beli. Julah pedagang ayam potong yang berjualan di Pasar Pagu sebanyak 25 pedagang. Sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di Pasar Pagu dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu? 2. Bagaimana perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu ditinjau dari etika bisnis Islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu memberikan perlayanan yang terbaik untuk pembeli tanpa membeda-bedakan pembeli, namun pedagang tidak mengutamakan kualitas barang yang diberikan kepada pembelinya dan kurang terbuka dalam memberi informasi barang yang dijual. 2) perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu ditinjau dari etika bisnis Islam terdapat perilaku pedagang yang belum dapat menerapkan etika bisnis Islam seperti taṭfῑf, tadlis, dan al-Ghashyi. Selain itu masih ada pedagang yang sudah menerapkan etika bisnis Islam sepertibersikap jujur, amanah, menepati janji, dan saling sukarela tanpa adanya paksan dalam transaksi jual beli
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | User Repo |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 03:34 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 03:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2439 |
Actions (login required)
View Item |