Sari, Siti Arfiaturrohmah (2020) Pengaruh grouping, religiusitas dan konformitas terhadap academic dishonesty pada siswa kelas VIII di MTSN 7 Kediri tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932132616 PRA BAB.pdf Download (824kB) |
|
Text
932132616 BAB 1.pdf Download (357kB) |
|
Text
932132616 BAB 2.pdf Download (388kB) |
|
Text
932132616 BAB 3.pdf Download (544kB) |
|
Text
932132616 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
Text
932132616 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
|
Text
932132616 BAB 6.pdf Download (109kB) |
|
Text
932132616 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
932132616 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Academic dishonesty merupakan tindakan yang dilakukan siswa untuk menyelesaikan tugas secara tidak fair untuk mendapatkan nilai bagus. Tindakan ini bukanlah rahasia publik yang harus ditutup rapat dalam bidang pendidikan. Tindakan tersebut tentu memiliki faktor yang mempengaruhinya. Seperti halnya di MTsN 7 Kediri yang memiliki keunikan dalam lingkungannya yakni dekat dengan pondok pesantren kemudian memiliki banyak aktivitas ekstrakulikuler serta menerapkan grouping kelas pada siswa, menjadikan peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh yang besar terhadap academic dishonesty. Berdasarkan teori faktor pengaruh academic dishonesty pendapat Hendricks berpendapat bahwa grouping, tingkat keagamaan siswa, dan konformitas mempengaruhi peningkatan Academic dishonesty. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh grouping, religiusitas dan konformitas pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif assosiatif. Populasinya yaitu siswa kelas VIII di MTsN 7 Kediri yang berjumlah 360 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Issac dan Michael dengan teknik proportionated stratified random sampling mendapatkan jumlah sampel sebanyak 180 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket. teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda dengan variabel dummy. Hasil penelitian menjelaskan terdapat pengaruh grouping, religiusitas dan konformitas terhadap academic dishonesty pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Kediri tahun pelajaran 2019/2020. Dengan memenuhi asumsi residual IIDN, model regresi terbaik dapat menjelaskan keberagaman data sebesar 31,2%. Kemudian hasil yang didapatkan secara parsial yakni, terdapat pengaruh negatif grouping terhadap academic dishonesty pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Kediri dengan nilai signifikasi sebesar 0,000, terdapat pengaruh negatif religiusitas terhadap academic dishonesty pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Kediri dengan nilai signifikasi sebesar 0,00 dan terdapat pengaruh positif konformitas terhadap academic dishonesty pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Kediri dengan nilai signifikasi sebesar 0,001.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 04:39 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 04:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2390 |
Actions (login required)
View Item |