Wardani, Linda Ayu Kusuma (2016) Strategi Guru Pai Dalam Membiasakan Sholat Berjama’ah ( Studi Kasus di SMPN 5 JOMBANG). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932101611 prabab.pdf Download (581kB) |
|
Text
932101611 BAB I.pdf Download (588kB) |
|
Text
932101611 BAB II.pdf Download (746kB) |
|
Text
932101611 BAB III.pdf Download (376kB) |
|
Text
932101611 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
Text
932101611 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
Text
932101611 BAB VI.pdf Download (295kB) |
|
Text
932101611 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
|
Text
932101611 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini sangatlah penting karena dalam pembiasaan shalat berjamaah kita bisa mengambil banyak manfaat dan hikmahnya, antara lain: sebagai bentuk ibadah kepada Allah, ta’aruf (saling mengenal), dapat membangun persatuan umat, memperlihatkan salah satu syiar Islam, berjamaah menjadi sarana turunnya rahmat dan keberkahan dari Allah, mengikis kesenjangan sosial antara anggota masyarakat, memupuk semangat ukhuwah umat Islam dan masih banyak lagi. Fokus dalam penelitian ini adalah mengenai : 1). Bagaimana aktivitas sholat berjamaah peserta didik di SMPN 5 Jombang? 2). Bagaimana strategi guru PAI dalam membiasakan sholat berjamaah di SMPN 5 Jombang? 3). Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam membiasakan sholat berjamaah di SMPN 5 Jombang? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1). Aktivitas yang ada dalam membiasakan sholat berjamaah di SMPN 5 Jombang adalah sholat dhuhur dan sholat juma’at yg meliputi rangkaian kegiatan wudhu, sholat jamaah, berdo’a dan absensi. 2). Strategi yang digunakan oleh guru PAI untuk membiasakan sholat berjamaah adalah dengan menggunakan strategi individu dan klasikal, trial dan error (diulang-ulangi), problem solving, bagi anak yang aktif maka mereka akan mendapatkan nilai tambah atau nilai yang baik, memberikan motivasi.3). Faktor pendukung untuk membiasakan sholat berjamaah di SMPN 5 Jombang adalah fasilitas yang memadai, tempat wudhu untuk laki-laki dan perempuan masing-masing ada 20 buah dan pengeras, sedangkan faktor yang menghambat untuk membiasakan sholat berjamaah adalah kenakalan anak-anak yang mempengaruhi teman-teman untuk tidak mengikuti sholat berjamaah, faktor dari lingkungan keluarga karena ada dari keluarga peserta didik yang jarang untuk melakukan sholat, waktu yang hanya 30 menit,dan tidak ada tempat wudhu yang tertutup, serta banyak pendapat yang mengatakan bahwa sholat itu adalah urusan individu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 May 2021 02:57 |
Last Modified: | 20 May 2021 02:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2363 |
Actions (login required)
View Item |