Motivasi Santri Dalam Menghafal Al-Qur’andi Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an Putri Al-Hikmah Purwoasri Kediri

Rosyidah, Dewi Kholifatur (2016) Motivasi Santri Dalam Menghafal Al-Qur’andi Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an Putri Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103312 PRA BAB.pdf

Download (700kB)
[img] Text
932103312 BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932103312 BAB II.pdf

Download (782kB)
[img] Text
932103312 BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932103312 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
932103312 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
932103312 BAB VI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
932103312 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932103312 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)

Abstract

Sudah menjadi hal yang dimaklumi bahwa orang yang menghafal Al-Qur’an pasti akan ada berbagai faktor yang mempengaruhi, begitu pula untuk mencapai keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an yang baik. Salah satu faktor tersebut diantaranya yaitu motivasi. Motivasi akan menentukan keberhasilan yang akan di dapat oleh para santri tersebut. Santri yang memiliki motivasi yang tinggi akan mendapatkan hasil yang baik dibandingkan santri yang memiliki motivasi yang rendah. Berdasarkan konteks di atas, maka fokus dari penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an Putri Al-Hikmah Purwoasri Kediri, dan 2. Apa yang memotivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an Putri Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dimana datanya dihasilkan dari kata-kata, sumber tertulis dan foto. Adapun pengumpulan data yang diperoleh, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara reduksi data, deskriptif serta kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi dan member check. Dari hasil penelitian yang di dapat oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an Putri Al-Hikmah Purwoasri Kediri, yaitu mencakup: a) Mengikuti bimbingan sebelum masuk hufadz, b) Pembinaan calon hufadz, c) Penyetoran hafalan Al-Qur’an, d) Mengikuti ujian per-juz dan 5 juz-an, e) Mengikuti ujian semester sesuai dengan juz yang diperoleh, dan f) Mengikuti ujian majlisan setelah khatam Al-Qur’an; 2. Penyebab termotivasinya santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an Putri Al-Hikmah Purwoasri Kediri, yaitu mencakup: a) Adanya motivasi dari diri sendiri untuk menghafal Al-Qur’an, b) Adanya motivasi dari orangtua yang ingin mempunyai anak yang menghafal Al-Qur’an, c) Dari pihak Pondok Pesantren yaitu adanya program-program yang harus dilalui oleh para santri dalam menghafal Al-Qur’an, d) Adanya teman yang senantiasa memberi dukungan dan lingkungan yang memadai dalam menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 May 2021 02:36
Last Modified: 11 May 2021 02:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item