Wahyudi, Wahyudi (2016) Motivasi Orang Tua dalam Memilih Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MAN Kediri 1 Tarokan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932120912 prabab.pdf Download (257kB) |
|
Text
932120912 BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text
932120912 BAB II.pdf Download (364kB) |
|
Text
932120912 BAB III.pdf Download (262kB) |
|
Text
932120912 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
932120912 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
Text
932120912 BAB VI.pdf Download (144kB) |
|
Text
932120912 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
|
Text
932120912 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
Abstract
Dalam hati setiap orang tua yang terdalam mempunyai sifat kodrati untuk mendidik anaknya baik dari segi fisik, sosial, emosi maupun intelegensinya agar memperoleh keselamatan, kepandaian, agar mendapat kebahagiaan hidup yang mereka idam-idamkan, sehingga ada tanggung jawab moral atas hadirnya anak tersebut yang diberikan oleh Allah untuk dapat dipelihara dan di didik dengan sebaik-baiknya. Untuk itulah orang tua mempunyai motivasi berbeda-beda untuk memilihkan anaknya dalam mempelajari ilmu sebagai bekal kehidupan mereka. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mengapa orang tua memilih MAN Kediri 1 Tarokan sebagai tempat belajar putra putrinya ? (2) Bagaimana tanggapan siswa terhadap MAN Kediri 1 Tarokan sebagai tempat belajar ? Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Sedangkan analisa data menggunakan tehnik diskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah (1) Alasan orang tua memilih MAN Kediri 1 Tarokan sebagai tempat belajar putra putrinya adalah orang tua menginginkan anaknya mempunyai akhlakul karimah selain menguasai ilmu umum, kurikulum pelajaran Agama Islam lebih banyak dibanding sekolah umum karena selain pelajaran Agama Islam (Fiqih, Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, B. Arab, SKI) juga ada kegiatan keagamaan seperti bimbingan baca kitab, baca tulis al-Qur’an, sholat jama’ah, istighodah, tadarus dll. Output madrasah tidak kalah dengan sekolah umum, karena lulusan madrasah juga mempunyai kesempatan yang sama untuk menempuh jenjang perguruan tinggi sesui dengan disiplin ilmu dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. (2) Tanggapan siswa terhadap MAN Kediri 1 Tarokan sebagai tempat belajar adalah siswa menyadari bahwa madrasah tempat menuntut ilmu yang tepat meski awalnya merasa diperintah orang tua namun pada perkembangannya mereka menikmati belajar dimadrasah, siswa mengganggap madrasah dapat memberikan bekal dalam menjalani masa depan, karena mereka menyadari disamping menguasai ilmu-ilmu umum mereka juga harus punya keimanan yang kuat untuk menghadapi tuntutan zaman yang semakin maju.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 04 May 2021 01:59 |
Last Modified: | 04 May 2021 01:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2323 |
Actions (login required)
View Item |