Sholihah, Uswatus (2016) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri Pagu Tahun Pembelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932120612 prabab.pdf Download (630kB) |
|
Text
932120612 BAB I.pdf Download (172kB) |
|
Text
932120612 BAB II.pdf Download (293kB) |
|
Text
932120612 BAB III.pdf Download (198kB) |
|
Text
932120612 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
Text
932120612 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text
932120612 BAB VI.pdf Download (132kB) |
|
Text
932120612 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
|
Text
932120612 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
Abstract
Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau lingkungan yang mendukung yang memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Pembelajaran yang banyak digunakan guru akidah ahlak selama ini cenderung monoton, tekstual, dan statis. Sehingga siswa kehilangan motivasi belajar. Oleh karena itu, guru akidah akhlak perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan motivasi siswa agar siswa senantiasa senang dan bersemangat dalam pelajaran tersebut dan juga mampu mengamalkan apa yang diperoleh dari pembelajaran tersebut.Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di MTs Negeri Pagu tahun pelajaran 2015/2016 ? 2). Bagaimana evaluasi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di MTs Negeri Pagu tahun pembelajaran 2015/2016 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan prilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan . Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di MTs Negeri Pagu yaitu dengan pemberian nasehat, dengan strategi belajar yang bervariasi, diadakannya kegiatan membaca al-qur’an 2). Evaluasi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak di MTs Negeri Pagu yaitu dengan: a) Pemberian angka atau nilai, pemberian angka atau nilai tersebut diberikan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar akidah akhlak. b) Pemberian pujian perlu disampaikan oleh guru kepada siswanya yang telah melakukan apa yang diperintahkan guru. Guru juga perlu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pujian dari guru, agar termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 04 May 2021 01:55 |
Last Modified: | 04 May 2021 01:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2322 |
Actions (login required)
View Item |