Studi Tentang Pembiasaan dan Nasehat dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Negeri Kanigoro

Nikmah, Sarirotun (2016) Studi Tentang Pembiasaan dan Nasehat dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Negeri Kanigoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118012 prabab.pdf

Download (535kB)
[img] Text
932118012 BAB 1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932118012 BAB 2.pdf

Download (546kB)
[img] Text
932118012 BAB 3.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932118012 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
932118012 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
932118012 BAB 6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932118012 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan akhlak siswa di MTs Negeri Kanigoro. Untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan dan nasehat di MTs Negeri Kanigoro. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan dan nasehat MTs Negeri Kanigoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mengambil lokasi penelitian di MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkan dan memberi makna pada setiap data yang ada sehingga bisa ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak siswa di MTs Negeri Kanigoro secara umum bisa dikatakan cukup baik. Pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan di MTs Negeri Kanigoro mencakup tiga aspek, yakni pembiasaan terkait akhlak kepada Allah, akhlak kepada manusia termasuk kepada diri sendiri dan akhlak kepada lingkungan. Pelaksanaan pembinaan akhlak melalui nasehat disampaikan dengan cara langsung, melalui cerita dan dengan dialog. Adapun nasehat yang disampaikan terkait dengan ibadah, berbuat baik pada orangtua, guru dan sesama teman, pemanfaatan teknologi dan cinta lingkungan. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan pembinaan akhlak ialah adanya kebijakan madrasah serta kemampuan guru itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya ialah sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya keteladanan guru serta faktor keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:31
Last Modified: 28 Apr 2021 04:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item View Item